MTQ Pelajar Tingkat DIY Digelar di Kulon Progo

  • 29 Oktober 2014 13:31:39
  • 2335 views

Sebagai bagian dari evaluasi kegiatan belajar mengajar pendidikan agama Islam sejara berjenjang, maka diadakanlah kegiatan MTQ Pelajar tingkat DIY. MTQ ini juga merupakan bagian dari upaya membangun manusia seutuhnya, dimana pembangunan manusia itu harus dilakukan seutuhnya dari segala sisi dan semua sektor. Demikian disampaikan  Sulistyo SH CN MSi Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemda DIY, mewakili Gubernur DIY saat membuka acara ini di Pendopo SMK N 2 Pengasih, Rabu (29/10).

Ditambahkannya, kegiatan ini menjadi salah satu upaya pencegahan terhadap tindak negatif yang dilakukan oleh generasi muda, sehingga ke depannya bisa menjadi lebih baik.

Sementara, panitia penyelenggara MTQ yang diwakili oleh Kadarmanta Baskara Aji, Kepala Dinas Pendidikan, Pemuda dan Olahraga DIY berharap agar syiar penyelenggaraan MTQ pelajar tingkat DIY ini mampu lebih mempertegas peranan pendidik ranah afeksi sebagai aplikasi pendidikan akhlaqul karimah. Senada dengan itu Bupati Kulon Progo, dr. Hasto Wardoyo yang pada kesempatan tersebut diwakili oleh Kepala Dinas Pendidikan, Drs. Sumarsana, berharap pendidikan akhlaqul karimah ini mampu menciptakan generasi muda penerus bangsa yang islami. Karena di era kemajuan teknologi informasi saat ini yang begitu pesat, benteng iman sangat penting sebagai filter beberapa pengaruh negatif dari kemajuan teknologi informasi.

MTQ Pelajar kali ini diikuti oleh pelajar SD hingga SMA yang berlomba pada 13 cabang pada masing-masing jenjang pendidikan. Jumlah pelajar dan pendamping yang menjadi peserta adalah 310 orang berasal dari berbagai sekolah di DIY. Dalam setiap cabang lomba baik putra maupun putri akan diambil juara I, II dan III masing-masing juara akan mendapat tropi, piagam dan uang penghargaan.

Kepanitiaan dalam MTQ Pelajar tingkat DIY ini berasal dari berbagai instansi terkait baik tingkat provinsi maupun kabupaten.

 

Pembukaan MTQ Pelajar ini ditandai dengan pemukulan 2 bedug oleh Sulistyo dan Kadarmanta Baskara Aji serta didampingi oleh Kepala Dinas Pendidikan Kulon Progo, Sumarsana dan Kakanwil Kemenag DIY, Maskul Haji.<>