Asisten Sekda DIY Pimpin Upacara Peringatan 63 Tahun Kabupaten Kulon Progo

  • 15 Oktober 2014 16:46:26
  • 3003 views

Peringatan Hari Jadi Kabupaten Kulon Progo yang jatuh pada hari Rabu (15/10) diperingati dengan kegiatan upacara adat Jawa yang diikuti oleh jajaran pemerintahan daerah hingga desa. Upacara ini dipusatkan di Alun-alun Wates.

 

Upacara berbahasa Jawa yang dipimpin oleh Sulistyo SH CN MSi yang juga Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemda DIY ini dihadiiri sejumlah tamu dari BUMD, BUMN yang ada di Kulon Progo, pejabat Pemerintah DIY, LSM Inprosula dan perwakilan sejumlah daerah tetangga Kulon Progo.

Dalam sambutan Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X yang dibacakan oleh Pimpinan Upacara mengatakan bahwa supaya dapat mewujudkan sinergitas yang baik, mengharuskan Pemkab Kulon Progo dalam melaksanakan pembangunan bisa mengembalikan ke dalam arah yang benar. Sehingga tercipta karakter yang lebih humanis. Namun prosesnya dapat menjadi lebih panjang, dan tidak boleh berhenti. Oleh karena itu pembangunan fisik di jaman modern seperti saat ini tidak dapat lagi dihindari.

 “Pembangunan yang dilaksanakan dengan orientasi material saja malah akan menumbuhkan kekosongan di tengah masyarakat karena warga tidak bisa saling berinteraksi,” ujar Sulistyo menyampaikan amanat Gubernur DIY dalam bahasa Jawa.

Pembangunan daerah sebagai langkah yang sudah benar harus dilaksanakan melalui urutan pilihan skala prioritas dengan hitungan sumber daya yang tersedia, dilaksanakan oleh seluruh komponen dalam mencapai visinya, yaitu bisa mewujudkan Kabupaten Kulon Progo yang sehat, memiliki prestasi, adil, aman dan sejahtera berdasar iman dan takwa.

“Jika pemerintah dan warga masyarakat Kabupaten Kulon Progo sudah saiyeg-manunggal dalam hati terkait pembangunan daerah, tatanan pemerintahan dan pembangunan juga akan berjalan dengan baik dan lancar. Sehingga keduanya dapat saiyeg saeko kapti dalam mencukupi kebutuhan,” ujar Gubernur.

Mengakhiri amanat, Gubernur DIY Sri Sultan HB X sebagai pribadi dan Pemda DIY ikut berbahagia dan mengucapkan selamat hari jadi Kulon Progo ke 63, dan mendoakan supaya Kulon Progo menjadi lebih maju, lebih baik, dan selalu bersemangat membangun masyarakat dan daerahnya dengan harapan supaya Kulon Progo dapat mewujudkan 'gemah ripah loh jinawi'.

Dalam upacara tersebut di hadapan peserta, tamu dan pimpinan upacara, Bupati Kulon Progo, dr. Hasto Wardoyo memimpin ikrar yang diikuti oleh Wakil Bupati, Drs. Sutedjo dan Sekda  Ir Astungkoro, M.Hum dan 12 camat. Ikrar tersebut menyatakan kesiapan melaksanakan kegiatan kepeduliaan sosial pendampingan bagi keluarga miskin dalam meningkatkan kesejahteraannya dan bahwa Pemkab Kulon Progo bersama masyarakat menyatakan siap melaksanakan program Rasda sebagai manifestasi Bela dan Beli Kulon Progo.

Usai upacara disuguhkan pertunjukan teatrikal bertajuk Lenggang Bukit Padi dan penyerahan hadiah bagi pemenang lomba logo bela dan beli Kulon Progo.***