Tim Monitoring Bhaksos TNI KB Kes DIY Kunjungi Kalibawang

  • 30 September 2014 15:07:15
  • 1918 views

Tim Monitoring Bhaksos TNI KB Kes Propinsi DIY, Selasa (30/9) melakukan kunjungan di Kecamatan Kalibawang. Tim yang di Ketuai Letkol Arhanut Antawira ini diterima Camat Kalibawang Setiawan Tri Widada, S.Sos di Pedukuhan Duwet II dan langsung menyaksikan kegiatan Posyandu, BKB, BKR, BKL, PIKR dan Bazar. Turut mendampingi dalam kegiatan tersebut Wakil Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo dan Dandim 0731 Kulon Progo Letkol Inf. Semuel Jefferson Aling,SIP.
Setelah menyaksikan kegiatan di pedukuhan Duwet II rombongan melanjutkan ke Puskesmas Kalibawang untuk menyaksikan kegiatan pelayanan KB dan Kesehatan masyarakat. Kemudian dilanjutkan di Komplek Koramil Kalibawang untuk melakukan penilaian administrasi dan penyerahan kambing, jaminanan istirahat dan santunan dari Babinsa oleh Wakil Bupati kepada dua peserta KB pria atau MOP.
Pada kesempatan ini Dandim 0731 Kulon Progo, SJ. Aling mengatakan bahwa kegiatan ini merupakan wujud kebersamaan dan kepedulian antara TNI dengan masyarakat untuk menyukseskan program keluarga berencana dan peningkatan kesehatan masyarakat. Selain itu Aling juga mengharapkan kegiatan TNI KB Kes mampu menggerakan partisipasi dari instansi, perorangan maupun akedemisi untuk bersama sama menyukseskan program keluarga berencana agar dapat menekan laju pertumbuhuhan penduduk.
"Semoga hasil yang dicapai dalam kegiatan ini dapat dipertahankan dan dikembangkan oleh masyarakat."tutur Aling.
Aling juga menambahkan, TNI di Kulon Progo dalam kegiatan TNI KB KES ini tidak hanya mendorong masyarakat untuk ikut menyukseskan program KB namun TNI memberi contoh langsung. Ini dibuktikan dengan adanya sepuluh anggota TNI bawahannya yang ikut KB MOP.
Sementara itu Wakil Bupati mengatakan bahwa bertumbuhan penduduk dan ketersediaan kebutuhan hidup seperti perbandingan deret ukur dan deret hitung. Dijelaskan bahwa pertumbuhan ketersediaan bahan kebutuhan hidup tidak akan bisa mengejar pertumbuhan penduduk. Maka menurut Sutedjo semangat KB perlu untuk terus didorong selain itu diupayakan juga strategi peningkatan kesejahteraan melalui inovasi - inovasi baru dengan memanfaatkan kearifan lokal.
"Pertumbuhan penduduk masih tinggi sekitar 2,6 anak/wanita, ini tidak sebanding dengan ketersediaan kebutuhan hidup. Maka semangat untuk ber KB perlu terus didorong," jelas Sutedjo.
Ketua TIM Monitoring Bhaksos TNI KB Kes, Letkol Arhanut Antawira memberikan apresiasi hasil yang dicapai di Kulon Progo. Dikatakannya target Danrem untuk peserta KP pria sekitar 35 orang per tiga bulan, namun di Kulon Progo telah mendapatkan 16 orang selama satu bulan. Hal ini menurut Antawirya karena adanya kelompok atau perkumpulan agama di Kulon Progo yang mencintai KB.
"Saya apresiasi keberhasilan capaian di Kulon Progo dengan hal ini karena adanya perkumpulan agama yang mencintai KB, semoga para suami juga akan lebih sayang dan mencintai istrinya dengan cara ikut ber KB,"tutur Antawira.