Kades Demangrejo Cari Solusi Atasi Banjir

  • 25 September 2014 09:26:33
  • 1536 views

Permasalahan banjir yang selalu menimpa petani setiap tahun di wilayah desa Demangrejo Kecamatan Sentolo, membuat keprihatinan tersendiri bagi Kepala Desa Demangrejo, Gunawan. Untuk itu Kades menyampaikan permasalahan tersebut melalui Aspirasi Warga di Rumah Dinas Bupati, Kamis (25/9/2014) untuk mendapatkan alternatif solusi.

Gunawan, Kades Demangrejo dihadapan Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo menyampaikan di Karangpatihan, Demangrejo Sentolo, sawah milik petani yang berbatasan dengan Desa Bumirejo sudah mempunyai saluran pembuangan air namun karena letaknya lebih rendah dari pekarangan maka jika musim hujan selalu menggenang sampai seminggu.

Kendala yang dihadapi, saat ini saluran melalui wilayah desa lain di Bumirejo, Kec. Lendah dan Cerme, Kecamatan Panjatan.
"Untuk itu mohon arahan dan solusinya agar jika musim hujan tidak mengalami banjir lagi" katanya.

Menanggapi hal tersebut, Wakil Bupati Drs.H.Sutedjo mengapresiasi usaha Kades yang akan mengatasi permasalahan ini, karena pengelolaan air membutuhkan manajemen dan pengelolaan yang baik agar tidak kekurangan atau berlebihan di suatu wilayah, karena akan membahayakan.

Wabup menyampaikan beberapa alternatif untuk mengatasi permasalahan tersebut. Pertama, dengan cara menyampaikan permasalahan ke Balai Besar Wilayah Sungai Serayu Opak (BBWSO) karena mengarah ke Sungai Sen. Alternatif kedua, warga melakukan kerja bakti agar disiapkan waktu tenaga, tapi harus berkoordinasi dahulu dengan pemilik wilayah lain.

Disamping itu, Pemkab akan berusaha mengkoordinasikan dengan berbagai pihak yang terlibat untuk membahas permasalahan.

Dalam Aspirasi Warga tersebut, Wabup didampingi Staf Ahli Bidang Hukum dan Politik Drs.R.Agus Santosa, Bidang Pembangunan Jumanto, SH, dan staf Ahli Bidang Kemasyarakatan dr.Lestaryono,M.Kes. juga menerima aspirasi beberapa warga lain dengan permasalahan yang berbeda.(at.MC)