Strategi Menjaga Kesehatan Jiwa Lansia

  • 20 Juni 2014 08:32:30
  • 1274 views

Peningkatan usia harapan hidup di Indonesia ditandai dengaan semakin membaiknya pelayanan hidup sehat, sehingga jumlah lansia di Indonesia dari tahun ketahun semakin meningkat. Agar pertambahan usia tidak sekedaar "menjadi tua" dan hidup lebih lama. Maka lansia harus dibina dan diarahkan supaya tetap sehat, bugaar, bahagia, sejahtera, dan produktif.


Proses menjadi tua atau lanjut usia adalah suatu peristiwa yang wajar dan berlangsung secara alamiah. Pertambahan usia adalah suatu keadaan dimana kemampuan fungsi organ tubuh seperti Jantung, hati, ginjal mengalami penurunan, sehingga untuk menjalankan aktifitas lansia sering mengalami hambatan.


Untuk memperlambat proses penurunan fungsi organ tubuh tersebut dan sekaligus mengantisipasi agar para lansia tidak banyak tergantung dengan orang lain, maka para lansia harus berkemauan untuk memelihara kesehatannya, menumbuhkan sikap optimism dan tetap melakukan kerja sesuai dengan kemampuan masing-masing sehingga tetap produktif.


Sehubungan dengan itu, lansia perlu mendapatkan perhatian dan bimbingan secara khusus agar dapat mengabdikan diri untuk kepetingan diri, keluarga, dan masyarakat.


Bagi keluarga yang didalam keluargannya terdapat lansia, perlu meningkatkaqn kepediliandan peranya dalam melayani para lansia yang ada daalam perawatannya agar lansia bisa hidup dengan nyaman, bahagia dalam menjalani sisa usiannya.


Masalahnya bagaiman keluarga memenuhi kebutuhannya dibidang ekonomi, psikososial dan kesehatan fisik, serta bagaimana mengupayakan agar tetap segar dan bugar sehingga tidak menjadi beban. Untuk itu perlu dipahami oleh masyarakat dan keluarga dalam amembina lansia agar dalam menjalankan perannnya tidak banyak mengalami hambatan...