Penelitian Kelompok UPPKS

  • 10 Januari 2013 08:25:05
  • 1052 views

Kemiskinan menjadi salah satu masalah di Indonesia sejak dulu hingga sekarang apalagi sejak terhampas dengan pukulan krisis ekonomi dan moneter yang terjadi sejak Tahun 1997. Kemiskinan seringkali dipahami sebagai gejala rendahnya tingkat kesejahteraan semata-mata kemiskinan merupakan gejala yang bersifat komplek dan multi dimensi..Rendahnya tingkat kehidupan yang sering sebagai alat ukur kemiskinan pada hakekatnya merupakan salah satu mata rantai dari munculnya lingkaran kemiskinan.


Meskipun kemiskinan telah menjadi subyek penelitian ilmiah sejak lama dengan thema atau label yang beraneka ragam, akan tetapi apabila ditelaah lebih lanjut sebagian besar penelitian tentang kemiskinan yang dilakukan secara ilmiah lebih banyak ditekankan pada pemahaman, yaitu aspek "what it is " dari kemiskinan. Sedangkan upaya secara komprehensip dalam penanggulangan kemiskinan masih jarang dilakukan meskipun banyak kebijaksanaa dalam menanggulangi kemiskinan telah dilaksakan. Konsep penanggulangan perlu mendapat perencanaan karena konsep pemahaman berbeda dengan konsep penanggulangan (Pakpahan,1996, 1997 )


Kegagalan Pembangunan untuk mengentaskan kemiskinan di Indonesia dan Negara-negarta berkembang karena pembanguan yang dilaksanakanya kurang memperhatikan partisipasi masyarakat. Hal tersebut sejalan dengan pemikiran Korten ( dalam Prijo dan Pranaka, 1996 ) bahwa pembangunan tersebut kurang...