Wabup Buka MTQ Tingkat Kabupaten

  • 27 Agustus 2014 11:14:49
  • 1534 views

Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo membuka Musabaqoh Tilawatil Qur’an (MTQ) Tingkat Kabupaten Kulon Progo Tahun 2014. Pembukaan ditandai dengan pemukulan bedug di kompleks Balai Desa Jatirejo Lendah, Rabu (27/8).

"Penyelenggaraan MTQ senantiasa diarahkan pada upaya menumbuhkan kecintaan dan menggairahkan masyarakat untuk senantiasa mempelajari dan memahami Al-Quran sebagai petunjuk dan pedoman hidup paripurna manusia" kata Wabup dalam sambutannya.

Disampaikan juga bahwa nilai-nilai ajaran Al-Quran sebagai pedoman dan pandangan hidup masyarakat perlu ditumbuhkembangkan melalui proses pendidikan, baik formal maupun informal, termasuk diantaranya melalui MTQ.

Disamping itu kegiatan MTQ juga dapat menjadi forum silaturahim yang mengandung nilai-nilai positif dalam mempererat rasa persaudaraan sesama warga masyarakat.


Dalam laporan kegiatan, Kepala Kementerian Agama Drs.H.Edhi Gunawan,M.Pd.I menyampaikan bahwa tema yang diangkat dalam MTQ tahun ini adalah: Dengan MTQ kita Bangkitkan Semangat Mengaji, Hidup Sederhana, Hemat dan Pandai Mensyukuri Nikmat.

MTQ dilaksanakan dalam 1 hari dan berlokasi di Jatirejo Lendah Kulon Progo.

Terkait peserta, Kafilah MTQ dari 12 kecamatan sebanyak 406 orang terdiri dari: Kecamatan Wates sebanyak 39 orang, Temon 40 orang, Panjatan 23 orang, Galur 36 orang, Lendah 31 orang, Sentolo 31 orang, Pengasih 35 orang, Nanggulan 30 orang, Girimulyo 35 orang, Samigalu 37 orang, Kokap 40 orang dan Kalibawang 37 orang.

Adapun rangkaian Acara meliputi: Pawai Taaruf peserta, Bazar oleh PKK Kecamatan dan Desa Kecamatan Lendah, Pembukaan MTQ, Pelaksanaan MTQ, Penutupan dan Pengumuman hasil MTQ.

Lomba dibagi 26 Cabang meliputi: Tartil putra, Tartil Putri, Tilawah Anak-anak Putra, Tilawah Anak-anak Putri, Tilawah Remaja putra, Tilawah Remaja Putri, Tilawah Dewasa Putra, Tilawah Dewasa Putri, Tahfidz 1 Juz dan Tilawah Putra, Tahfidz 1 Juz dan Tilawah Putri, Tahfidz 5 juz dan Tilawah Putra, Tahfidz 5 juz dan Tilawah Putri, Tahfidz 10 Juz Putra, Tahfidz 10 Juz Putri, Tahfidz 20 Juz Putra, Tahfidz 20 Juz Putri, Tahfidz 30 Juz Putra, Tahfidz 30 Juz Putri, Musabaqoh Fahmil Quran, Musabaqoh Syahril Quran, Khott Naskah Putra, Khott Naskah Putri, Khot Hiasan Mushaf Putra, Khot Hiasan Mushaf Putri, Khott Dekorasi Putra dan Khott Dekorasi Putri.

Dalam kesempatan juga diserahkan Trophy bergilir dari Camat Galur Latnyata,S.Ag.,M.M, M.A.P kepada Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo. Hadir dalam kesempatan tersebut Dewan Hakim, Kepala SKPD, kafilah dari 12 Kecamatan beserta tamu undangan lainnya. (at.MC)