Penerimaan Praja IPDN Tahun 2014

  • 25 Agustus 2014 09:48:04
  • 1789 views

Menindaklanjuti Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia Nomor : 892.1/4189/SJ, Tanggal 19 Agustus 2014, Tentang Pedoman Pelaksanaan Seleksi Penerimaan Calon Praja IPDN Tahun 2014, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo kembali membuka kesempatan bagi Lulusan SMA/MA untuk mengikuti Seleksi Penerimaan Calon Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN). Hal tersebut disampaikan Sri Agung Pangarso, Kepala Sub Bidang Perencanaan dan Pengadaan Badan Kepegawaian Daerah Kulon Progo.

“Penerimaan Praja IPDN Tahun 2014 dilaksanakan dengan telah diterbitkannya Surat Edaran Menteri Dalam Negeri Republik Indonesia,” ungkapnya. Lebih lanjut Agung menjelaskan bahwa pelaksanaan pendaftaran & seleksi administrasi  akan dilaksanakan mulai 25 - 30 Agustus 2014, pukul 08.00 WIB s.d 14.00 WIB di BKD Kabupaten Kulon Progo Jalan Perwakilan No.1 Wates dengan persyaratan diantaranya :

  1. Usia pelamar/peserta seleksi minimal 16 (enam belas) tahun dan maksimal berusia 21 (dua puluh satu) tahun per tanggal 1 Desember 2014,
  2. Lulusan Sekolah Menengah Atas (SMA)/Madrasah Aliyah (MA) Tahun Kelulusan 2012, 2013 dan 2014.
  3. Nilai rata-rata Ijazah/STTB SMA/MA minimal 7,00 (tujuh koma nol nol).
  4. Tinggi badan minimal 160 cm untuk pria dan 155 cm untuk wanita.
  5. Tidak bertato atau bekas tato dan bagi pelamar pria tidak ditindik atau bekas ditindik telinganya atau anggota badan lainnya kecuali karena ketentuan agama/adat.
  6. Tidak menggunakan kacamata/lensa kontak minus.
  7. Mengisi Biodata Peserta Seleksi Calon Praja IPDN Tahun 2014.
  8. Surat Keterangan Berbadan Sehat.
  9. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kabupaten Kulon Progo atau Kartu Keluarga (KK) bagi yang belum memiliki KTP.
  10. Pas photo berwarna menghadap ke depan dan tidak memakai kacamata, ukuran  3 x 4 cm dan 4 x 6 cm, latar belakang merah.

”Pelamar juga diharuskan membuat beberapa surat pernyataan, dan semuanya bermaterai,” imbuhnya. Pelamar diharuskan membuat beberapa surat pernyataan diantaranya :

  1. Surat Pernyataan belum pernah menikah/kawin, hamil/melahirkan dan sanggup tidak menikah/kawin selama mengikuti pendidikan.
  2. Surat Pernyataan bersedia menaati Peraturan Kehidupan Praja dan bersedia mengembalikan seluruh biaya pendidikan yang telah dikeluarkan pemerintah dikarenakan mengundurkan diri, diberhentikan dan/atau melanggar peraturan pendidikan.
  3. Surat Pernyataan siap diberhentikan jika melakukan tindakan kriminal, mengkonsumsi dan atau menjual belikan narkoba, melakukan perkelahian, pemukulan, pengeroyokan dan melakukan tindakan asusila, berdampak hukum atau tidak..

Seleksi dilaksanakan dengan sistem gugur, artinya peserta dapat mengikuti tahapan seleksi berikutnya setelah dinyatakan lulus/memenuhi syarat pada tahapan seleksi sebelumnya. Beberapa tahapan seleksi yang cukup panjang dan harus dijalani diantaranya Tes Psikologi  & Tes Integritas dan Kejujuran, Tes Kesehatan Tes Kesamaptaan, Tes Kemampuan Dasar (TKD) dengan CAT, dan Penentuan Akhir di Kampus IPDN Jatinangor (Tes Ulang Kesehatan dan Kesamaptaan serta Wawancara). Semua tahapan direncanakan akan selesai pada 14 Oktober 2014.