Upacara Detik-detik Proklamasi Berlangsung Khidmat

  • 17 Agustus 2014 11:49:35
  • 2672 views

Derap suara langkah tegap seirama dari putra-putri terbaik Kulon Progo yang menjadi Paskibra memecah atmosfir keheningan yang melanda saat Upacara Peringatan Memperingati Detik-detik Proklamasi HUT ke-69 RI di Alun-alun Wates, Minggu (17/08). Sesekali terdengar suara menggelegar memberi aba-aba dari komandan. Hermiwida Ardinaf Pratama, siswa SMK Negeri 2 Pengasih yang menjadi Komandan Pasukan 17 tahun ini.

 

Keheningan masih berlanjut saat Utami Praditya Murni, siswa SMA Negeri 1 Pengasih secara perlahan namun pasti menaiki tangga di mimbar kehormatan seraya menerima bendera dari Bupati Kulon Progo, dr. Hasto Wardoyo selaku inspektur upacara, yang selanjutnya penerima bendera menyerahkannya kepada trio pengibar bendera, Muhammad Arif Budiman, Shafly Ardya Saputra, keduanya dari SMA N 2 Wates dan Ahmad Ali Hasan, dari SMA N 1 Pengasih. Ke-38 Paskibra dikomandani oleh Ipda Patricia Pamungkas, sedangkan Aipda Agus Sumiharso menjadi Komandan Kelompok Pengawal. Keduanya dari Satbrimobda DIY Detasemen B. Beberapa saat sebelumnya tepat pukul 10.00 Detik-detik Proklamasi dikumandangkan yang ditandai dengan raungan sirine.

Suasana dalam upacara yang dikomandani oleh AKP Sudaryono dari Polres Kulon Progo ini terasa khidmat. Upacara ini juga dihadiri oleh ratusan peserta, yang berasal dari PNS, TNI, Polri, instansi vertikal, BUMD, para pelajar dan masyarakat. Pada kesempatan tersebut, Pimpinan DPRD, Ponimin Budi Hartono bertindak sebagai pembaca teks proklamasi.

Di tribun kehormatan nampak anggota Forkorpimda, antara lain Kapolres Kulon Progo, Kepala Kejaksaan Negeri Wates, Komandan Brimob Detasemen B Sentolo, Ketua Pengadilan Negeri Wates, Sekretaris Daerah Kabupaten Kulon Progo, Ketua DPR, Komandan Satradar Congot, dan Ketua Pengadilan Agama Wates. Selain itu hadir pula tamu kehormatan dari SKPD, DPRD, BUMD, TNI/Polri dan masyarakat.

Sebelumnya, di halaman kantor Pemkab juga diadakan apel memperingati HUT RI dengan inspektur upacara Wakil Bupati Kulon Progo, Drs. Sutedjo. Dalam kesempatan itu Sutedjo didampingi Sekretaris Daerah, Astungkoro, Asisten Perekonomian Pembangunan dan SDA, Triyono, Asisten Administrasi Umum, Djoko Kus Hermanto, Staf Ahli, Jumanto dan Lestaryono, serta Kepala BKD, Yuriyanti memberikan penghargaan Satya Lencana kepada PNS atas kesetiaannya mengabdi di lingkungan Pemda Kulon Progo.***