Dua Pejabat Kemkominfo Kunjungi Media Center Kulon Progo

  • 19 Juli 2014 10:25:45
  • 2174 views

 

 

            Media Center Kulon Progo yang berada di komplek Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, sebagai tempat untuk desiminasi informasi publik, pertukaran informasi publik, dan pelayanan informasi dan komunikasi publik. Pada Jum'at (18/7) dikunjungi dua pejabat Kementerian Kominfo RI, yakni Drs.Sunaryo,MM Direktur Pengelolaan Media Publik (PMP) dan Drs.Hypolitus Layanan,MAP Kepala Sub Direktorat Media Online Direktorat Jenderal Informasi dan Komunikasi Publik (IKP).

            Dalam kesempatan tersebut kedua pejabat yang mengurusi perkembangan dan penguatan Media Center di seluruh Indonesia, sempat berbincang-bincang dengan puluhan wartawan yang sedang memanfaatkan keberadaan peralatan di Media Center tersebut, setelah itu baru bertemu dengan Kepala Bagian TI dan Humas Rudy Widiyatmoko,S.Sos, Kasubag Humas Arning Rahayu,SIP serta pengelola Media Center Fitri Ismanu,S.Sos.

            Menurut Sunaryo, keberadaan Media Center Kulon Progo sudah tidak asing lagi bagi jajaran di Direktorat PMP, sejak awal berdiri dan memperoleh beberapa kali sarana prasarana penguatan Media Center dari Kemkominfo, dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya dan bahkan mampu meraih prestasi di tingkat nasional.

            "Kami sangat apresiasi dengan Media Center Kulon Progo yang luar biasa sekali, karena dapat bermanfaat bagi pemerintah daerah dan masyarakat di Kulon Progo, terima kasih sekali juga karena berita atau pers release yang dibuat oleh rekan-rekan kualitas tulisannya sangat bagus sekali, termasuk foto-foto yang dikirim ke media online kami di Jakarta di infopublik.org,"terang Sunaryo yang baru menjabat beberapa bulan dan karena sebelumnya di Inspektorat Jenderal Kemkominfo.

            Namun demikian Sunaryo dan Hypolitus berharap agar ada peningkatan kembali kiriman berita dan foto-foto di media online infopublik.org milik Dirjen IKP Kemkominfo, karena dalam beberapa bulan terakhir mengalami penurunan, berdasarkan pengamatan dari Jakarta.

              Kepala Bagian TI dan Humas Rudy Widiyatmoko,S.Sos, membenarkan adanya penurunan pengiriman berita maupun foto-foto di media online infopublik.org di Jakarta, hal ini disebabkan keterbatasan Sumber Daya Manusia yang ada di Sub Bag Humas yang hanya empat personil. Selain itu kondisi peralatan komputer bantuan dari Kemkominfo sebagian besar telah mengalami kerusakan dan sulit untuk dilakukan perbaikan.

            Seperti diketahui Media Center Kulon Progo yang tepatnya berada di timur Alun-alun Wates diresmikan oleh Bupati Kulon Progo H.Toyo Santoso Dipo pada malam tahun baru 2009. Diawali dengan modal dua unit Computer dari APBD Kulon Progo, kemudian selang beberapa hari mendapatkan kunjungan pejabat dari Kemkominfo, yang akhirnya pada pertengahan tahun 2009 mendapatkan bantuan penguatan sarana Media Center Daerah  berupa 5 unit PC beserta printer, scanner dan peralatan jaringan internet. Disusul tahun 2010 Kemkominfo memberikan bantuan kembali 5 PC, 1 Laptop, printer, scanner dan peralatan jaringan internet, atas prestasinya dalam memanfaatkan perlatan bantuan yang diberikan setahun sebelumnya.