Lomba Desain Logo Bela Beli Kulon Progo Umumkan Lima Nominator

  • 27 Juni 2014 17:56:50
  • 2768 views

Lomba desain logo Bela Beli Kulon Progo yang dilaksanakan oleh Pemkab Kulon Progo, ternyata cukup banyak peminatnya. Sejak dibuka waktu pengiriman karya 15 April sampai 14 Mei 2014 yang lalu, telah masuk sebanyak 335 karya, 222 diantaranya berasal dari Kulon Progo sisanya sebanyak 113 karya berasal dari berbagai daerah di Indonesia seperti Lampung, Bali, Medan, Nias dan Jawa Barat, sedangkan dari DIY ada peserta dari Bantul, Sleman, Kota Jogja dan Gunung Kidul juga turur berpartisipasi.
Dari 335 karya yang terkumpul diserahkan kepada tim juri terdiri dari 3 orang yaitu Sumbo Tinarbuko, dosen Seni Rupa Institut Seni Indonesia Yogyakarta, Ong Hari Wahyu seorang praktisi desain dari Yogyakarta dan Joko Mursito Kabid Kebudayaan Disbudparpora Kulon Progo. Dengan kerja keras akhirnya pada tanggal 10 Juni tim juri menemukan karya 16 besar, yang kemudian di kerucutkan lagi menjadi 5 besar. Hasil 5 besar nomonator kemudian dipresentasikan kehadapan Bupati, dan berhasil menentukan 2 besar kemudian Bupati memandatkan kepada tim juri untuk meredisign dengan mendasari karya 2 besar tersebut.
"Penilaian berdasarkan penilaian logo internasional, poin paling besar ide, komunikasi, dan kraftmensip. Dalam lomba logo seperti ini belum pernah ada yang mutlak 100% desainnya digunakan tanpa ada perbaikan, berdasarkan tiga kriteria tersebut belum ada yang memenuhi sepenuhnya. sehingga kami menetapkan 5 nominator yang kemudian akan dikolaborasikan tim juri untuk menjadi logo resmi. Tidak ada intervensi dari Bupati, semuanya diserahkan ke juri." Jelas Sumbo saat pengumuman di Kawasan wisata Waduk Sermo, Jum’at (27/6).
Dari total hadiah Rp. 20 juta yang disediakan panitia maka akan dibagikan kepada 5 nominator dengan catatan yang sebagian besar karyanya digunakan untuk logo resmi diberikan Rp. 10 juta dan Rp. 10 juta sisanya dibagi untuk 4 nominator yang lain. Selain hadiag tersebut, PD Bank Pasar Kulon Progo juga menyediakan tambahan bagi 5 nominator jika masih sekolah dan beralamat di Kulon Progo, berupa bantuan tabungan sebesar 1 juta 200 ribu rupiah.

Menurut Kepala Bagian TI dan Humas Setda Kulon Progo, Rudy Widiyatmoko, S.Sos, tim juri akan segera melakukan redesain logo berdasar 2 besar yang kemudian akan ditetapkan menjadi logo resi Bela Beli Kulon Progo yang akan di launching pada peringatan Hari Jadi Kulon Progo 15 oktober mendatang.
Berikut nama-nama 4 nominator dan 1 nominator utama lomba desain logo Bela Beli kulon Progo :
1. Jarwoto Tiyas Hendratno, Tlahab Kidul 001/008, Karangrejo, Purbalingga Jawa Tengah
2. Sunardi, Suruhan 048/021 Karangsari, Pengasih, Kulon Progo
3. Muchtar Ali A Satar, Soropadan 011/006 Tawangsari, Pengasih, Kulon Progo
4. Roni Nugraha, Gegulu 023/012, Gulurejo, Lendah, Kulon Progo
Nominator Utama :
Fahad Mecca Al’shamal, Desa Nunuk Blok D 011/004, Nunuk, Lelea, Indramayu, Jawa Barat