Bupati Dorong Semangat Warga Patuk Kidul Kembangkan Koperasi

  • 27 Juni 2014 14:37:42
  • 2571 views

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) menyatakan ikut bergembira dengan telah resminya Koperasi Simpan Pinjam (KSP) "Legowo", dan sudah ber-Badan Hukum dengan nomor : 82/BH/XV.3/IV/2014. Bupati kagum terhadap semangat warga Patuk Kidul dalam bertani melon, sehingga mampu menyerap dan memutar dana hingga Rp. 2 miliar.

"Sudah diurus syaratnya dan sekarang ber-SK. Kulo nderek bingah" demikian disampaikan Bupati saat mengunjungi KSP Legowo di Patuk Kidul Pedukuhan X Desa Tirtorahayu Galur, Rabu (25/6/2014), Dalam Kunjungan kerja BBGRM XI, HKG PKK ke-42 dan Hari Keluarga XXI di Kecamatan Galur.

Bupati menyampaikan, dengan memiliki Badan Hukum, maka koperasi ini telah resmi terdaftar di Pemerintah, dan ini manfaatnya besar sekali untuk masyarakat. Bupati berpesan agar masyarakat terus bersemangat mengembangkan koperasi agar sukses.

Purnomo, Dukuh Patuk Kidul dalam sambutannya menyampaikan bahwa Koperasi Simpan Pinjam (KSP) "Legowo", diawali dengan adanya kelompok simpan pinjam petani, untuk mengampu permodalan pertanian melon dan cabai pada tahun 2008, dengan peserta 25 warga, dengan modal awal Rp. 2,5 juta tiap peserta. Modal saat ini menjadi Rp. 81 juta.

Tetapi dengan modal Rp 81 juta ini, masih jauh dari kebutuhan warga Patuk Kidul untuk modal pertanian. Satu pedukuhan Patuk Kidul mampu menyerap modal sebanyak Rp. 2 Miliar untuk satu musim tanam, sehingga harus bekerjasama dengan lembaga keuangan lainnya.

"Rp. 81 juta belum apa-apanya" kata Purnomo.

Tetapi dengan warga bersatu padu dalam membangun, dan saling membantu dalam permodalan saat ini, Purnomo berharap mudah-mudahan koperasi berkembang baik. Dengan kunjungan Bupati ini akan menambah semangat warga untuk mengembangkan koperasi dan membangun desa.

Dengan tingginya kebutuhan modal pertanian ini, Bupati mengintruksikan kepada Kepala Dinas Koperasi dan UMKM untuk membantu menghubungkan koperasi dengan BUMD Kulon Progo Bank Pasar melalui pinjaman lunak. Dan juga kepada Kepala Badan Pemberayaan (BPMPDPKB) untuk terlibat dalam pemberdayaan masyarakat.

Bupati sangat menyambut baik semangat warga patuk kidul untuk berusaha maju, sehingga dengan semangat ini akan dapat meningkatkan dan mengangkat perekonomian dan kesejahteraan warga Patuk Kidul khususnya dan desa Tirtorahayu, bahkan Kulon Progo.

Untuk memotivasi warga, Bupati juga menceritakan perjuangan Masril Koto warga Padang seorang anak petani yang bekerjakeras, sehingga sekarang mendirikan ratusan cabang Bank Tani dengan omset miliaran rupiah. Hal ini dapat menjadikan semangat warga patuk dalam mengelola koperasi simpan pinjam yang saat ini dibangun. (at.MC)