UPK Ngudi Raharjo Lendah Bantu Divabel 10 Ekor Kambing

  • 13 Juni 2014 13:33:31
  • 1300 views

Unit Pengelola Kegiatan Ngudi Raharjo PNPM-MP Kecamatan Lendah, pada kesempatan Bulan Bhakti Gotong Royong Masyarakat (BBGRM) di Kecamatan Lendah Jumat (13/6) memberikan bantuan kambing kepada penyandang divabel. Bertempat di gedung PAUD Siwi Kinasih, Jatisari yang juga baru saja diresmikan Wakil Bupati, kambing secara simbolis diserahkan. Penyerahan bantuan ini disaksikan segenap kepala SKPD yang mengikuti kunjungan BBGRM dan masyarakat sekitar Jatisari.
Menurut Eko Erawati, SE, Ketua UPK Ngudi Raharjo Lendah pemberian bantuan ini dimaksudkan untuk memberikan stimulan kepada para penyandang divabel yang ada di Kecamatan Lendah agar mandiri. Dengan bantuan kambing ini para penyandang divabel bisa memiliki kegiatan ekonomi sampingan selain pekerjaan yang telah ditekuni selama ini. Ada sekitar 50 orang penyandang divabel yang tergabung dalam 10 kelompok untuk setiap kelompok mendapatkan satu ekor kambing.
"Bantuan kambing ini sudah sesuai permintaan kelompok, kunjungan ke kelompok ternak kambing di Girimulyo pun telah dilakukan bulan April lalu, sehingga diharapkan bantuan ini bisa bermanfaat dan berkembang nantinya,"tutur Erawati.
Masih menurut Erawati dana yang digunakan untuk memberikan bantuan ini berasal dari laba atau surplus UPK Ngudi Raharjo selama tahun 2013. Menurutnya surplus dari kegiatan simpan pinjam UPK PNPM-MP yang mencapai Rp. 102 juta ini dibantukan lagi kepada Rumah Tangga Miskin (RTM). Bantuan yang telah diberikan berupa 6 unit bedah rumah masing-masing Rp. 10 juta dan bantuan untuk kelompok divabel 10 ekor kambing. Sedangkan bantuan modal usaha berupa peralatan usaha akan diberikan kepada RTM secara perorangan sesuai kebutuhannya.