BKAD 'Nanggulan Sejahtera' Bantu Bedah Rumah

  • 08 Juni 2014 12:11:08
  • 2270 views

Kepedulian masyarakat Nanggulan dalam bedah luar biasa. Di Dusun Kemukus Tanjungharjo Nanggulan, dari dana stimulan Rp.10 juta dari Badan Kerjasama Antar Desa (BKAD) Nanggulan Sejahtera UPK PNPM-MP (Unit Pengelola Kegiatan Program Nasional Pemberdayaan Masyarakat - Mandiri Perdesaan) Kecamatan Nanggulan, Swadaya masyarakat berhasil terkumpul senilai Rp. 50 juta, di Dusun Gendol, Banyuroto. Sedangkan di Dusun Kemukus Tanjungharjo dari bantuan Rp. 10 juta, terkumpul swadaya senilai Rp. 21 juta lebih.

"Luar biasa, swadaya masyarakat disini" kata Triyono,SIP,MSi. Saat memberikan sambutan, Minggu (8/6/2014), pada program bedah rumah milik Ibu Ngatinem (73 th) Dusun Gendol RT 16/ RW 6 Banyuroto dan rumah Bapak Pariyo di Kemukus Rt 38/14 Tanjungharjo Nanggulan.

Besarnya bantuan ini dinilai menunjukkan bahwa kepedulian masyarakat sekitar terhadap warga yang membutuhkan masih subur dan dipelihara masyarakat, ditengah arus globalisasi.

"Negara kita medeka juga hasil gotong royong. Masyarakat yang berjuang dulu juga tidak dibayar" kata Triyono, sambil menekankan pentingnya gotong royong masyarakat. Dengan gotong royong dan dukungan semua pihak ini, Pak Tri (panggilan akrab beliau) berharap hasil yang akan diperoleh akan lebih barokah.

Triyono menyampaikan terimakasih kepada BKAD Nanggulan Sejahtera, karena untuk bulan ini telah mengalokasikan bantuan untuk bedah rumah di 6 (enam) tempat, selain di Dusun Kemukus dan Gendol ini, yaitu BKAD juga memberikan bantuan milik Sugimin (Krinjing Lor,Jatisarono), Wongso Yudho (Pundak Ndeso, Kembang), Karyono (Wareng, Donomulyo) dan Daliyem (Temanggal, Wijimulyo), yang masing-masing mendapat bantuan Rp. 10 juta.


Camat Nanggulan Drs.Jazil Ambar Was’an menyampaikan terimakasih terhadap semua yang telah membantu program bedah rumah di Kecamatan Nanggulan, karena akan meringankan beban Pemerintah Nanggulan. Disampaikan, hingga akhir bulan Juni, RTLH (Rumah Tidak Layak Huni) di Nanggulan 690 RTLH, dan 52 % nya berada di Desa Donomulyo, sebanyak 350 rumah.

Untuk itu Pemerintah Kecamatan masih membuka peluang bagi semua pihak yang akan memberikan bantuan untuk membantu masyarakat dalam program bedah rumah.

Dalam kesempatan tersebut, Kepala BKD (Badan Kepegawaian Daerah) Kabupaten Kulon Progo juga memberikan bantuan di 2 (dua) lokasi kunjungan.

Triyono menandaskan, bahwa Pemerintah Kabupaten secara pelan tapi pasti terus memprogramkan bedah rumah di Kulon Progo, selain membantu masyarakat yang membutuhkan, hal tersebut juga untuk menumbuhkan gotong royong di masyarakat. (at.MC)