BBGRM di Temon, BPD DIY Bantu Rp 20 Juta

  • 04 Juni 2014 10:54:00
  • 2053 views

Dalam rangka Bulan Bhakti Gotong Royong (BBGRM) ke-XI, Hari Keluarga Nasional (Harganas) ke-XXI dan Hari Kesatuan Gerak PKK ke-42 di Kecamatan Temon, diawali dengan pembukaan di Dusun Gandri Desa Temon Wetan, dilanjutkan tinjauan kegiatan pelaksanaan revitalisasi rumah tidak layak huni bantuan dari BPD DIY Cabang Wates untuk 2 keluarga atas nama Giyem warga Jatikontal Temon Wetan Temon, dan Sukardal warga Kalidengan Temon Wetan masing-masing Rp. 10 juta rupiah.

Dilanjutkan peninjauan sarana prasarana Jalan Usaha Tani (Jitut), Penyerahan bantuan Sosial dari PNPM-MP kec Temon, Penyerahan Piagam Penghargaan Koperasi Berprestasi,Pelaksanaan Gotong Royong RTLH (Bapak Samairan) Dukuh Gandri.

Dilanjutkan pelaksanaan kunjungan ke Desa Kalidengen, dengan melaksanakan Tebar benih Ikan milik Pokdakan (Kelompok Budidaya Ikan) dan Pemeriksaan kesehatan Hewan. Peresmian jalan PPIP dan menyaksikan kesenian Jathilan Warga Desa Kalidengen.

Di Desa Janten meninjau Pelaksanaan pembangunan Sarana prasarana/ peresmian jalan desa, meninjau pelaksanaan gotong royong masyarakat dalam rangka pembangunan TK PKK Desa Janten

Dilanjutkan ke Desa Karangwuluh meninjau kegiatan proses pembuatan bibit padi bersertifikasi, Penyerahan Bantuan rehab rumah bapak Sutarjo dan Penyerahan sertifikat PIRT UKM.

Camat Temon Djaka Prasetya,SH dalam sambutannya menyampaikan bahwa pendanaan berbagai program pembangunan swadaya masyarakat terkait dengan pemberdayaan/ pembangunan di Wilayah Kecamatan Temon dari tahun 2013 sampai dengan awal 2014 adalah sebagai berikut: APBN sebesar Rp. 11.817.556.000,- ;APBD I sebesar Rp. 1.439.216.996,- ; APBD II sebesar Rp. 1.747.519.000,- ; ABPDes sebesar Rp. 431.346.000,- ; Pihak Swasta sebesar Rp. 682.942.000,- dan Swadaya Masyarakat sebesar Rp. 1.360.677.000,-.

Setelah melaksanakan kunjungan, Wakil Bupati Drs.H.Sutedjo menyampaikan terimakasih kepada masyarakat yang tetap melestarikan gotong royong, dan mengapresiasi berbagai usaha masyarakat dalam mengelola dan memanfaatkan lingkungan sehingga dapat meningkatkan kesejahteraan.

Meskipun kedepan Temon menjadi kota, Wabup berpesan agar masyarakat Temon tetap melestarikan Gotong Royong kepada anak cucu. (at.MC)