Lomba Desa Motivasi Kelembagaan Masyarakat

  • 03 Juni 2014 15:46:36
  • 1662 views

Lomba desa yang menjadi agenda tahunan dengan tujuan untuk memotivasi kinerja pemerintahan desa dan partisipasi masyarakat dalam pembangunan. Selain itu sebagai salah satu cara untuk mengembangkan kemampuan dan kemandirian masyarakat dalam pembangunan, yaitu melalui penguatan kapasitas pengembangan kelembagaan msyarakat dalam pembangunan.
Desa Sidomulyo Kecamatan Pengasih yang dalam lomba desa tingkat kabupaten tahun 2014 meraih juara I berhak mewakili Kulon Progo maju tingkat DIY.) Penerimaan tim verifikasi lomba desa tingkat DIY di Balai Desa Sidomulyo Senin (2/6. Tim Verifikasi lomba desa tingkat DIY dipimpin Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Masyarakat Daerah Istimewa Yogyakarta (BPPM DIY) Dra.Kristiana Swasti,M.Si. diterima Bupati Kulon Progo, dr, H Hasto Wardoyo, Sp.OG (K).
Dalam kesempatan itu Bupati Kulon Progo, dr. Hasto menyampaikan dengan adanya lomba desa Pemerintah Daerah Istimewa Yogyakarta akan semakin mengetahui kondisi dan potensi yang ada di desa - desa sehingga jika ada program pembangunan untuk desa bisa sesuai potensi yang dimiliki desa. Selain itu dr Hasto juga mengharapkan ketertiban administrasi yang menjadi cerminan akan potensi potret kinerja pemerintah desa, tetap terus dilakukan pembaharuan data secara periodik.
"Dengan Lomba Desa Tingkat DIY seperti ini tim akan mengetahui potensi potensi yang ada di desa dan diharapkan nantinya pemerintah DIY jika membuat program pembangunan dapat disesuaikan dengan potensi yang ada di desa,"jelas dr. Hasto.
Sementara itu Gubernur DIY  Sri Sultan Hamengku Buwono X dalam sambutan terlulis yang dibacakan Dra. Kristina mengharapkan partisipasi masyarakat, karena anggaran untuk masyarakat desa tidak akan memadai tanpa adanya partisipasi dari masyarakat. Untuk itu Gubernur mengharapkan lembaga lembaga tingkat desa diberdayakan agar dapat berfungsi dengan efektif mengawal program pemerintah.
Indikator penilaian lomba desa tingkat DIY adalah data dasar neliputi orbitasi dan data pendukung, data tingkat perkembangan meliputi pendidikan, kesehatan masyarakat, ekonomi masyarakat, keamanan dan ketertiban, partisipasi masyarakat, pemerintah lembaga kemasyarakatan, pemberdayaan dan kesejahteraan keluarga.
Setelah penerimaan tim verifikasi di Balai Desa kegiatan dilanjtukan dengan melakukan peninjauan lokasi yang menjadi contoh. Ada empat lokasi pedukuhan yang menjadi objek kunjungan tim yaitu Pedukuhan Banaran, Pedukuhan Nabin, Pedukuhan Pendem dan Pedukuhan Karangasem.