25 Warga Sidorejo Glagah Telah Ambil Jatah Raskin

  • 26 Mei 2014 12:43:32
  • 1314 views

Sebanyak 25 RTSPM (Rumah Tangga Sasaran Penerima Manfaat) pedukuhan Sidorejo Desa Glagah Kecamatan Temon yang mendapatkan jatah raskin dan belum diambil di kantor desa setempat. Pada hari Senin siang (26/5) telah mengambil jatah raskin tersebut di kantor desa Glagah.

Hal tersebut dikatakan Camat Temon Djoko Prasetyo,SH, Senin (26/5).  Hal senada dikatakan Kasie Kesejahteraan Sosial Kecamatan Temon Bhekti Nurada,SH dan Kabag Kesra desa Glagah Eulis Yuliantiari, yang pada hari yang sama menghadiri rapat rutin bulanan

koordinasi raskin di Ruang Rapat LPSE Pemkab Kulon Progo.

“Memang terkait penyaluran raskin di tempat kami ada sedikit keterlambatan seperti tertulis di beberapa media, namun siang ini berdasarkan laporan dari KPK (Kader Penanggulangan Kemiskinan) Kecamatan Temon warga sudah mengambil raskin tersebut,”terang Eulis Yuliantiari.

Sementara itu Kepala Bulog Divre Yogyakarta Muhammad Iqbal mengatakan apabila terjadi sesuatu di tingkat RTSPM, yang menyebabkan raskin tidak segera diambil, maka dapat diserahkan ke Gudang Bulog dengan BA (Berita Acara)  penyerahan, karena kalau di simpan di Balai Desa dikhawatirkan terlalu lama bisa rusak kualitas berasnya.

Sedangkan Kadinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kulon Progo, Drs.Eka Pranyata mengatakan bahwa warga yang menolak raskin tidak boleh diwakilkan namun harus yang bersangkutan untuk membuat surat pernyataan tidak menerima. Karena sesuai Pedoman Umum Raskin bahwa raskin dapat dialihkan karena meninggal dunia, pindah penduduk dan sudah mampu secara ekonomi, penggantiannya ke warga miskin lainnya melalui musyawarah desa (musdes).

Dalam koordinasi bulanan tersebut telah disepakati untuk distribusi raskin alokasi April akan dimulai pada hari Jum’at tanggal (30/5) di Kecamatan Pengasih, Senin (2/6) Kokap, Selasa (3/6) Temon dan Wates, Rabu (4/6) Kalibawang, Kamis (5/6) Sentolo, Jum’at (6/6) Girimulyo, Senin (9/6) Panjatan, Selasa (10/6) Galur dan Lendah, Rabu (11/6) Samigaluh dan Nanggulan.