Bupati Kutai Timur Ikut Bantu Bedah Rumah

  • 26 Mei 2014 12:42:50
  • 1940 views

Keterlambatan Bupati Kulon Progo, dr. Hasto Wardoyo menemui Bupati Kutai Timur, Isran Noor pada kunjungannya awal Mei lalu ternyata membawa berkah tersendiri. Keterlambatan dr. Hasto saat itu disebabkan harus mengunjungi korban kebakaran rumah milik Dalwati, warga Margosari, Pengasih. Setelah diceritakan kejadian tersebut kepada Isran Noor, spontan bupati Kutai Timur itu menyumbangkan uang dollar senilai lebih dari Rp 82 juta. Bantuan ini diterima oleh dr. Hasto dan dialokasikan untuk membedah beberapa rumah warga miskin di sekitar Margosari dekat dengan rumah Dalwati, biaya pendidikan anak-anak Dalwati, pelunasan utang, dan pemberdayaan ekonomi warga sekitar yang masih miskin.

Isran Noor sendiri dikenal sebagai pribadi yang terbiasa memberi bantuan kepada masyarakat manapun, tidak terbatas pada masyarakat Kutai Timur saja, tetapi juga masyarakat di daerah lain. Tidak mengherankan jika di Kutai Timur bisa dikatakan persentase penduduk miskinnya mencapai hampir 0%, jika pun ada biasa merupakan masyarakat pendatang yang baru tinggal di Kutai Timur. Sebagai bupati, Isran Noor juga berhasil meningkatkan PAD dari Rp 800 milyar menjadi Rp 2,7 trilyun per tahun, sehingga Kutai Timur menjadi Kabupaten Terkaya di Indonesia..

Menurut  Sabda Langit, Konsultan pengembangan daerah Kutai Timur dan Kalimantan Utara sekaligus pimpinan paguyuban "Kadang Kadeyan Sabda Langit" yang mewakili Isran Noor saat itu menilai bahwa semangat kegotongroyongan masyarakat ini merupakan nilai yang bagus sekali, apalagi setiap minggu diadakan bedah rumah milik masyarakat miskin. Sabda Langit juga menyampaikan pesan dari Isran Noor supaya bantuan tersebut dimanfaatkan secara maksimal.

"Bantuan ini bersifat pribadi, bukan kapasitas sebagai Kepala Daerah yang diserahkan melalui Bupati Kulon Progo, dr. Hasto, karena beliau (Isran Noor-red.) menganggap bahwa saling memberi bantuan sebagai hal yang lumrah bagi manusia yang hidup. Urip kudu murup. Yaitu memberi manfaat bagi seluruh mahluk hidup," kata Sabda Langit di tempat bedah rumah Dalwati (25/5).

Ditambahkannya, Isran Noor berkomitmen menyumbangkan 70% penghasilan pribadi untuk kegiatan sosial.

Bupati Kulon Progo, dr. Hasto Wardoyo membenarkan apa yang diceritakan Sabda Langit, bahwa dirinya pernah terlambat memenuhi undangan dari Bupati Isran Noor saat berkunjung di Galur karena ada kebakaran di rumah Ibu Dalwati. Dirinya sangat berterimakasih atas bantuan tersebut dan akan menunaikan amanah dari Isran Noor dengan sebaik-baiknya. Selain itu, atas nama Pemda, Bupati juga mengucapkan terimakasih kepada seluruh warga yang memberi bantuan, hingga total bantuan lebih dari Rp 100 juta

Bedah rumah hari juga berlangsung di Donomulyo, Nanggulan dan Hargotirto Kokap. Bantuan bedah rumah berasal dari MAN 1 Pengasih untuk Sulaiman, warga Donomulyo, Nanggulan sebesar Rp 8 juta dan bantuan lantainisasi dari IDI Kulon Progo untuk lima rumah di Hargotirto, Kokap, dekat Rumah Pintar sebesar Rp 10 juta.***