Generasi Muda Generasi Yang Berkarakter

  • 22 Maret 2014 12:05:06
  • 1831 views

Dalam rangka Dies Natalis Universitas Negeri Yogyakarta (UNY) yang ke-50 di Komplek Kampus UNY Wates, Sabtu (22/3) digelar beberapa kegiatan, antara lain peresmian gedung baru dan kolam renang, lomba renang serta seminar. Gedung yang pada hari itu di resmikan yaitu Gedung Layanan Akademik dan Gedung Pusat Pembinaan Karakter Mahasiswa serta kolam renang yang bertaraf inernasional.
Dengan penandatanganan prasasti oleh Menteri Pemuda dan Olah raga, Roy Suryo, Direktur Jendral Pendidikan Tinggi Kementrian Pendidikan Indonesia, Prof. Dr. Ir. Joko Santoso, M.Sc dan Rektor UNY, Prof. Dr. Rochmat Wahab, M.Pd, MA, yang bertempat di Gedung Layanan Akademik lantai empat, gedung baru dan kolam renang resmi digunakan. Selain itu ditempat yang sama juga diselenggarakan seminar nasional dengan tema Membentuk Generasi Emas Berkarakter. Sebagai pembicara kunci Menteri Pemuda Olah raga Roy Suryo dan tiga panelis, Prof. Dr. Ir. Joko Santoso, M.Sc Dirjen Dikti, dr. H. Hasto Wardoyo, Sp. OG (K), Bupati Kulon Progo dan Prof. Dr. Ajat Sudrajat, Dekan FIS UNY.
Roy Suryo mengajak kepada para peserta seminar yang sebagian besar generasi muda, agar siap menghadapi era Asian Community pada tahun 2015 mendatang. Dijelaskan Menpora, generasi muda tidak boleh terus menerus mengandalkan dan bergantung pada peran pemerintah. Generasi muda harus punya visi dan misi jelas dalam mengembangkan lokal konten di kancah internasional. Generasi muda harus bisa memanfaatkan peluang dengan menggunakan fasilitas yang ada untuk mengembangkan kreatifitasnya.
"Kita harapkan generasi muda bisa mempunyai pandangan Glokalisasi, yaitu mengembangkan nilai lokal ke kancah global," jelas Roy.
Menggunakan waktu istirahat setelah memberikan ceramah, Roy Suryo menyempatkan diri membuka dan menyaksikan Kejuaraan Renang Antar Perkumpulan se Jawa - Bali  dan Kejurda DIY tahun 2014 di kolam renang yang baru saja diresmikan. Sebelum meninggalkan UNY Kampus Wates, di tempat ini juga Menpora memberikan mendali kejuaraan kepada beberapa pemenang lomba.