Drs.Sumiran Ambil Langkah Cepat untuk Bedah Rumah

  • 17 Maret 2014 14:02:36
  • 1487 views

Dalam rangka mensukseskan program yang dicanangkan Bupati, Camat Lendah Drs.Sumiran terus melakukan langkah cepat untuk menyelesaikan setiap permasalahan di masyarakatnya, tidak terkecuali dalam program bedah rumah. Tidak hanya mengandalkan bantuan dari Bazda Kabupaten, Sumiran mengoptimalkan bedah rumah swadaya berbantuan dengan sumber dari UPK Kecamatan Lendah, BAZ Kecamatan dan dari sumbangan berbagai pihak.

Pada saat pelaksanaan bedah rumah milik Sumaryana, warga Sungapan V RT 19 RW 10 Wahyuharjo Lendah, yang dihadiri Asisten Perekonomian Pembangunan dan SDA, Dinas Perindag ESDM, dan perwakilan beberapa SKPD, Sumiran menyerahkan IMB gratis bagi 9 rumah yang dibangun dalam rangka bedah rumah se-Kecamatan Lendah.

"Semua (9 rumah) sudah dilaksanakan" kata Sumiran, Minggu (16/3).

Sembilan IMB tersebut atas nama 1.Sumaryana warga Sungapan V, Wahyuharjo, 2.Sutriyono warga Sungapan IV Wahyuharjo, 3.Mujiyana warga Panggang Bumirejo, 4.Sugita warga Tegalsari Jatirejo, 5.Miskiyo warga Sumberrejo Jatirejo, 6. Jemirah warga Tubin Sidorejo, 7. Mujono warga Gegulu Gulurejo, 8.Sardi warga Nglatiyan II Ngentakrejo,dan 9.Kawit warga Nglatiyan I Ngentakrejo.

Rumah Sumaryana mengingat kondisi rumahnya yang memprihatinkan, sehingga perlu renovasi.
Bila musim hujan sering kebanjiran, bangunan dari bambu dan kayu yang sudah lapuk dimakan usia. Rumah tersebut ditempati 4 anggota keluarga.

Dengan pekerjaan sebagai buruh tani, penghasilan Sumaryana pas-pasan. Untuk renovasi sendiri merasa berat, perlu uluran tangan baik dari pemerintah dan masyarakat lainnya.
Rumah dibangun dengan ukuran 6 x 7,5 m, dikerjakan sejak 2 Maret 2014, dengan pinjaman dari pihak ketiga, dilaksanakan dengan kerja bakti. Bantuan dari bazda sebesar Rp.10 juta, BPR Nusamba Rp.3 juta, Jumlah Rp.13 juta.

Swadaya masyarakat berupa semen, bambu, pasir, tukang dan ada yang memberi uang tunai, total Rp 10 juta lebih. dari PT Sung Chang memberikan bantuan 20 Zak Semen

Setelah pelaksanaan bedah rumah milik Sumaryana, Camat Lendah Drs.Sumiran bersama lurah Wahyuharjo R.Dwi Windarto melanjutkan meninjau rumah milik Pak Suyadi warga Sungapan V Wahyuharjo yang juga cukup memprihatinkan. Melihat kondisi rumah yang belum berlantai, dinding masih terbuat dari anyaman bambu yang sudah lapuk, Sumiran akan menindaklanjuti dan melakukan koordinasi untuk membangunnya.

"Ini bisa kita tabrak pakai BAZ Kecamatan" istilah Sumiran agar cepat diselesaikan.

Pak Suyadi menyampaikan pekerjaannya sehari-hari "sobo pasar", membuat dan menjual tape dan emping, dengan penghasilan yang pas-pasan. Memiliki 3 anak yang masih sekolah merasa berat untuk merenovasi sendiri rumahnya. Sehingga merasa bersyukur jika pemerintah memperhatikan dan membantunya. (at.MC)