GKR Hemas Dukung Bela dan Beli Kulon Progo

  • 13 Maret 2014 15:08:41
  • 3626 views

GKR Hemas menilai positif apa yang sering diungkapkan Bupati Kulon Progo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG(K) untuk membela Kulon Progo dengan membeli produk dari Kulon Progo. Menurut permaisuri Sri Sultan Hamengkubuwono X tersebut, baru pertama kali ada kepala daerah yang mengajak warganya untuk mengkonsumsi produk lokal Kulon Progo dan bila tidak terpaksa jangan membeli produk dari luar daerah apalagi produk impor. Hal tersebut disampaikan GKR Hemas dalam acara Sosialisasi Empat Pilar Kebangsaan di Gedung Kaca Pemkab Kulon Progo, Kamis (13/3).

"Saya sepakat dengan pak Bupati, kita harus bisa memanfaatkan produk-produk kita sendiri agar jangan menjadi konsumen dari produk impor, karena di 2015 mendatang akan dimulai perdagangan bebas. Maka kita harus membiasakan diri untuk menggunakan produk-produk kita sendiri, sekarang yang harus kita kerjakan adalah mengejar agar kualitas produk kita dapat bersaing dengan produk impor." tandas ibu lima puteri tersebut.

GKR Hemas juga mencermati kerajinan batik di Kulon Progo, menurutnya di daerah sentra industri batik perlu ada gapura yang menandai bahwa daerah tersebut merupakan daerah sentra industri batik Kulon Progo. Menurut Wakil Ketua DPD RI tersebut, dulu banyak pembatik keraton Yogyakarta yang berasal dari Kulon Progo, jadi tidak heran jika di Kulon Progo saat ini industri batik mulai berkembang.

Sementara ahli batik dari Universitas Gadjah Mada Ir. Dra. Larasati Suliantoro Sulaiman mengajak para perajin batik dan tenun di Kulon Progo untuk membuat selendang karena menurutnya pasar selendang masih terbuka lebar bahkan untuk pasar ekspor. "Di Jepang mayoritas perempuan disana menggunakan selendang untuk kepentingan mode dan aksesoris busana. Mereka impor dari Cina, Vietnam dan Thailand, namun saya belum menemukan yang berasal dari Indonesia. Untuk itu mari kita mulai membuat selendang, namun jangan berorientasi ekpor dahulu, penuhi dulu kebutuhan dalam negeri." tutur dosen Filsafat UGM tersebut.