Pemkab Gelar Bimtek Penyusunan Dokumen Evaluasi Jabatan

  • 05 Maret 2014 15:23:56
  • 3334 views

 

Sekretaris Daerah Kabupaten Kulon Progo Ir.RM.Astungkoro,M.Hum. mengharapkan hasil Evaluasi Jabatan di lingkungan Pemkab Kulon Progo dapat segera terealisir karena pada intinya hasil ini akan digunakan untuk mengevaluasi Jabatan PNS di Lingkungan Pemkab Kulon Progo.

"Akhir Maret ini masing-masing SKPD diharapkan sudah menyelesaikan hasil evaluasi jabatan" demikian dikatakan Sekda dihadapan peserta Bimtek (Bimbingan Teknis) Penyusunan Dokumen Evaluasi Jabatan yang diselenggarakan oleh Pemkab Kulon Progo bekerjasama dengan BKN Regional I Yogyakarta, di Gedung Kaca, Pemkab Kulon Progo, Rabu (5/3).

 Bimtek diikuti perwakilan dari masing-masing SKPD, berlangsung selama 2 hari, Rabu - Kamis (5-6/3). Diharapkan tiap SKPD akhir Maret 2014 sudah menyusun dokumen evaluasi jabatan sehingga akhir bulan Juni semua sudah final di Badan Kepegawaian Negara (BKN).

 "Dengan demikian kita akan mempunyai hasil evaluasi jabatan tentang kelas jabatan, di masing-masing kedudukan" kata Astungkoro.

Mantan Asisten di Pemda DIY ini menambahkan pada evaluasi kinerja pegawai ini kemudian

ditindaklanjuti dengan SKP (Sasaran Kinerja Pegawai).

Kegiatan Evaluasi Jabatan merupakan salah satu tahapan dalam rangka mempercepat terwujudnya PNS yang lebih profesional, produktif dan akuntabel. Dengan hasil evaluasi jabatan ini untuk mengukur pegawai berbasis kinerja, bobot pekerjaan (job value) dan peringkat (grade) masing-masing jabatan. Sehingga bobot atau nilai jabatan serta peringkat jabatan diperoleh atau ditetapkan melalui proses yang disebut Evaluasi Jabatan.

 Tujuan dari kegiatan Penyusunan Evaluasi Jabatan, antara lain: Melaksanakan penilaian/ evaluasi pada jabatan struktural dan jabatan fungsional sesuai kaidah dan prinsip-prinsip evaluasi jabatan. Menyusun bobot pekerjaan/nilai jabatan dan peringkat jabatan/kelas jabatan (job grade/job class ) yang sesuai dengan struktur dan tata kerja organisasi serta analisis jabatan. Menghasilkan dokumen Evaluasi Jabatan sebagai dasar dari remunerasi/imbalan secara adil, berbasis kinerja dan jabatan yang diemban.

Keluaran (output) Penyusunan Evaluasi Jabatan ini adalah Dokumen Evaluasi Jabatan yang memuat hasil penilaian/evaluasi terhadap faktor-faktor jabatan dan bobot pekerjaan/nilai jabatan , serta peringkat  masing-masing jabatan.

Untuk mengurangi subyektifitas penilaian dari masing-masing SKPD, maka Pemerintah Kabupaten juga membentuk Tim yang berfungsi menilai dan mengukur sebagai komparasi penilaian.

Sementara Kepala Bidang Perencanaan dan Pengembangan  BKD Kabupaten Kulon Progo, Sarji,SIP,MAP mengatakan hasil dokumentasi evaluasi yang dibuat Tim Kabupaten nantinya  akan divalidasi ke BKN.

 Sedangkan Ir.Aswin Eka Adhi,MSi dari Kantor Regional I BKN Yogyakarta mengatakan evaluasi jabatan untuk mengetahui hasil kegiatan yang disesuaikan dengan perencanaan yang sudah dibuat sebelumnya pada awal tahun anggaran. (at.MC)