Padi Vareitas Serang Diujicobakan di Bulak Kedung Obong

  • 27 Februari 2014 12:12:08
  • 1616 views

Semangat Bela Beli Kulon Progo terus digelorakan Pemerintah Daerah Kulon Progo dengan mengangkat potensi lokal untuk lebih dikenal masyarakat luar Kulon Progo. Kamis (28/2) Pemda Kulon Progo kembali meluncurkan varietas padi asli lokal yaitu padi Serang. Penanaman perdana varietas padi ini dilakukan oleh Bupati Kulon Progo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) di Bulak Kedung Obong, Sulur, Sidoharjo Samigaluh.
"Kami baru sekali ini menanam padi Serang," tutur Kusnan Haryanto, Ketua Kelompok Tani Sido Makmur, Sulur, Sidoharjo Samigaluh.
Kusnan menjelaskan selain varietas Serang di Bulak Kedung Obong yang luas lahannya kurang lebih 2 ha ini juga akan ditanan varietas Ladon Hitam dan Ladon Merah. Penanam Varietas Serang ini sifatnya baru uji coba karena terkendala kurangnya bibit. Sesuai rencana jika penanaman varietas Serang di Bulak Kedung Obong ini berhasil akan dikembangkan di bulak yang lain oleh Kelompok Tani Sido Makmur yang memiliki luas lahan pertanian 20 ha.
"Sementara baru diujicobakan di Bulak Kedung Obong, sambil menunggu pemurnian varietas, "jelas Bambang Tri Harsono Kepala Dinas Pertanian dan Kehutanan Kulon Progo.
Disela sela acara penanaman perdana Varietas Serang ini, Bambang menjelaskan penamanam perdana sengaja mengambil lokasi yang jauh dari lokasi bulak yang lain karena sekaligus menguji resentesi varietas padi serang ini dari serangan hama penyakit pengganggu tanaman padi.
Sementara itu dr. Hasto mengajak masyarakat untuk lebih mencintai produk lokal Kulon Progo, seperti juga padi. Hal ini disampaikan saat memberikan pengarahan kepada petani setelah melakukan penanaman perdana. dr. Hasto mengharapkan dengan penerapan pola tanam yang baik sesuai metode Sekolah Lapang Pengelolaan Tanaman Terpadu (SLPTT) atau teknik System of Rice Intensification (SRI) akan memberikan hasil yang baik dan akan meningkatkan kesejahteraan petani.
"Varietas Serang ini melengkapi jenis padi yang ditanam di Kulon Progo, ini menjadi kebanggaan tersendiri untuk kita, karena padi Serang ini adalah varietas asli lokal,"tutur dr. Hasto.
Melihat kondisi lahan pertanian Bulak Kedung Obong yang teras sering dan pengairannya yang belum tercampur dengan limbah, orang nomor satu di Kulon Progo ini juga mengharapkan agar penanaman varietas ini menggunakan sistem pertanian organik. Karena hal ini akan melipat gandakan nilai jual dari hasil pertanian yang nantinya akan mempercepat peningkatan kesejahteraan petani.