Sumirah Penderita Kanker Payudara Terima Bantuan

  • 25 Februari 2014 14:41:16
  • 1764 views

Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo menyerahkan bantuan Biaya Pengobatan Ibu Sumirah (60 th) Warga Pedukuhan Kaligalang Rt.40 Rw.20 Kaliagung Sentolo Kulon Progo, Selasa (25/2). Bantuan Rp. 1.000.000,- yang bersumber dari Dana Bazda (Badan Amil Zakat Daerah) tersebut diserahkan dengan tujuan untuk meringankan biaya pengobatan Sumirah.

Sumirah yang menderita Kanker Payudara sebelumnya telah menjalani pengobatan di Rumah Sakit Wates, dan saat ini masih memerlukan perawatan dengan penyinaran yang dilakukan di Rumah Sakit Sarjito.

"Meskipun bantuan tidak besar, tetapi ini merupakan wujud kepedulian dari Pemerintah Daerah melalui Bazda. Ini untuk meringankan biaya pengobatan" demikian disampaikan Drs.Sutedjo.

Wabup juga menjelaskan, Pemda juga sudah menyediakan Jamkesda bagi masyarakat Kulon Progo yang memerlukan bantuan pengobatan, dengan ketentuan di Puskesmas se Kulon Progo, RSUD Wates atau di RS Sardjito.

Drs.Sutedjo yang didampingi Mudopati Purbohandowo,SSTP dari Bagian Kesra juga menyampaikan bantuan ini sebagai respon Pemda setelah mendapat informasi tentang permasalahan Sumirah.

Menanggapi bantuan tersebut, Suwito Kepala Desa Kaliagung kepada Wabup menyampaikan berterima kasih atas perhatian yang diberikan kepada warganya, dan berharap dapat meringankan biaya pengobatan.

Bantuan diterima Wahyu(43 th) suami Sumirah karena saat ini Sumirah sedang dilakukan perawatan dengan penyinaran.
"Dahulu sudah dilakukan kemoterapi 10 hari, sekarang dilakukan penyinaran lagi selama 45 hari" kata Wahyu. Lebih lanjut wahyu menyampaikan istrinya sudah menderita sakit sejak setahun.

Wahyu yang bekerja sebagai buruh tersebut juga menyampaikan, sebenarnya sudah ada bantuan dari Jamkesmas, tetapi biasanya ada obat yang diluar jaminan sehingga harus membayar, ditambah lagi biaya lain seperti tranportasi sehingga dengan bantuan ini sangat membantu keluarganya. Karena setiap senin, Sumirah berangkat berobat ke RS Sarjito kemudian pulang hari jumat.

Ikut menyambut Wabup, Sekcam Sentolo, Kades Kaliagung ,Dukuh Kaligalang.

Kondisi rumah Wahyu yang memprihatinkan, Mudopati dari Bagian Kesra menyarankan kepada Kades untuk mengajukan bedah rumah. Menanggapi hal tersebut, Kepala Desa
Kaliagung akan merapatkan terlebih dahulu. (at.MC)