Polres Kulon Progo Gelar Apel Operasi Mantap Brata

  • 07 Februari 2014 10:31:04
  • 1823 views

Polres Kulon Progo menggelar apel konsolidasi pasukan dalam rangka Operasi Mantap Brata 2014 di Alun-alun Wates, Kulon Progo, (6/2). Gelar Operasi Mantap Brata di Kulon Progo ini diikuti jajaran TNI, Polri,  Satpol PP, dan Pertahanan Sipil.

 

Bertindak selaku pembina apel, Bupati Kulon Progo, dr. Hasto Wardoyo. Hadir dalam kesempatan tersebut Ketua DPRD Kulon Progo, Anggota Forkompinda, SKPD, pimpinan Partai Politik, Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu), SKPD dan undangan lain.

Operasi Mantap Brata 2014 akan berlangsung 224 hari diseluruh Indonesia dan dimaksudkan untuk mengecek kesiapan personil dan kelengkapan sarana dan prasarana Polri dan unsur terkait dalam rangka pengamanan pemilu 2014. Operasi Mantap Brata ditandai dengan penyematan pita tanda operasi oleh Bupati Kulon Progo kepada perwakilan dari Polri, TNI dan Pertahanan Sipil.

Dalam sambutan tertulis Kapolri Jendral Polisi Drs. Sutarman yang dibacakan Bupati selaku inspektur apel, mengatakan bahwa mengingat arti penting dan strategisnya pemilu bagi keberlangsungan kepemimpinan nasional, pemerintahan dan pembangunan dalam mencapai tujuan negara, maka pada konteks ini Polri sebagai penanggung jawab keamanan dalam negeri, berkewajiban untuk mengawal, menjaga dan mengamankan penyelenggaraan Pemilu 2014. Hal ini dilakukan melalui manajemen keamanan yang terpadu dan komprehensif, mengerahkan segala sumber daya yang ada, serta memperkokoh kerja sama sinergis dengan penyelenggara pemilu, TNI, masyarakat dan mitra keamanan lainnya, agar pesta demokrasi pemilu 2014 dapat berlangsung aman, jujur, adil dan demokratis. dengan demikian diharapkan, pemantapan demokrasi dapat terwujud, serta menjadi landasan menuju indonesia yang makmur dan sejahtera.

 

Usai gelar pasukan operasi mantap Brata dilakukan penandatanganan Nota Kesepahaman Bersama Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) Kab. Kulon Progo, Polres Kulon Progo dan Kejaksaan Negeri Wates, Nota Kesepahaman antara KPU Kulon Progo dengan Polres Kulon Progo tentang Pengamanan Penyelenggaraan Pemilu 2014 serta Pernyataan bersama Pemilu Damai 2014 antara Bupati Kulon Progo, Polres, Dandim 0731, Kejaksaan Negeri, KPU, Panwaslu, dan Parpol.***