Balai Penyuluhan KB Girimulyo Diresmikan

  • 28 Januari 2014 08:46:25
  • 3425 views

Balai Penyuluhan KB (BPKB) Kecamatan Girimulyo mulai diresmikan penggunaannya oleh Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDPKB) Kabupaten Kulon Progo Dra. Sri Utami, M,Hum, Senin (27/1). BPKB tersebut pembangunannya dibiayai dengan Dana Alokasi Khusus (DAK) Bidang KB Tahun 2013. Acara peresmian ditandai dengan pemotongan tumpeng, yang dihadiri oleh Camat Girimulyo, Purwono, S.Sos, Ka Polsek Girimulyo AKP Gito Dwi Suryanto, Kepala KUA Sumiyono, Koordinator PKB Ahsanudin, SH dan Kades Giripurwo Mardi Santosa serta 50 tamu undangan lainnya. Dari BPMPDPKB sendiri turut serta hadir Sekretaris BPMPDPKB Drs. R. Sigit Wisnutomo, M,Sc, Ka Bid KB-KS Drs. R. Yudono Hindriatmoko, Ka Sub Bid Advokasi Konseling dan Pembinaan KB & Kesehatan Reproduksi Drs. Mardiya, dan Ka Sub Bid Ketahanan Keluarga Woro Kamdini, S.Sos, M.Si.

Sri Utami dalam sambutannya mengatakan bahwa keberadaan Balai Penyuluhan KB tersebut diharapkan dapat mendukung kelancaran program KB di Kecamatan Girimulyo. Selain itu dapat menambah motivasi dan semangat para Penyuluh KB, kader Institusi Masyarakat Pedesaan (IMP) dan motivator KB lainnya untuk semakin giat melaksanakan tugas dan pengabdiannya pada masyarakat sehingga program KB benar-benar dapat dirasakan manfaatnya. Tokoh masyarakat, tokoh agama dan tokoh formal lainnya juga diharapkan ikut ambil bagian dalam kegiatan ini. Ditambahkan oleh Sri Utami, Balai Penyuluhan KB serupa telah telah dibangun di Kecamatan Samigaluh, Kecamatan Panjatan dan Kecamatan Pengasih yang keberadaannya telah diresmikan oleh Bupati Kulon Progo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) Selasa (31/12/2013) lalu bersamaan dengan peresmian Pusat Pelayanan Keluarga Sejahtera (PPKS).

Menurut Drs. Mardiya selaku Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) BPMPDPKB Kabupaten Kulon Progo, pembangunan Balai Penyuluhan KB di empat lokasi yang menghabiskan dana tidak kurang dari Rp 936 juta tersebut pelaksanaannya dilakukan oleh CV. Suhada dengan Konsultan Perencana CV. Kurnia Teknik dan Konsultan Pengawas CV. Erlangga Pura. Sementara perangkat mebeulernya dikerjakan oleh PT Indo Cemerlang Persada. Di tahun 2014 ini juga akan dibangun empat Balai Penyuluhan KB yakni di Kecamatan Kalibawang, Kecamatan Nanggulan, Kecamatan Lendah dan Kecamatan Temon. Di tahun 2015 rencananya juga akan dibangun Balai Penyuluhan KB di Kecamatan Sentolo, Wates, Galur dan Kecamatan Kokap apabila sudah disediakan lahan dan dukungan lainnya.(Mardiya)