Formi Gelar Lomba Senam Angguk.

  • 27 Januari 2014 10:17:12
  • 3531 views

Angguk yang selama ini dikenal sebagai kesenian tari khas Kabupaten Kulon Progo dimodifakasi menjadi gerakan senam. Guna mempopulerkan gerakan Senam Angguk ini di kancah Nasional, dimulai dari tingkat kabupaten, bertempat di Gedung Kesenian Wates, Federasi Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia (FORMI) Kulon Progo menggelar lomba senam angguk Minggu (26/1).

Lomba yang diikuti 33 kelompok senam yang terdiri dari kelompok masyarakat dan instansi pemerintah di wilayah Kulon Progo ini memperebutkan piala Bupati Kulon Progo dan uang pembinaan. Selain senam angguk dilombakan juga senam aerobik yang diikuti oleh 37 kelompok.


Disampaikan oleh Ketua FORMI Kulon Progo, H. Kasdiyanto, kegiatan ini dilakukan untuk mempopulerkan atau memasyakatkan senam angguk dan membudayakan hidup sehat kepada masyarakat.

"Kegiatan ini untuk memasyarakatkan senam angguk dan membudayakan hidup sehat, murni lomba senam tidak ada muatan politik sedikitpun," jelas Kasdiyanto.

Bupati Kulon Progo, dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) saat setelah membuka lomba mengatakan menyambut baik kegiatan lomba ini. Senam angguk yang menjadi jati diri Kulon Progo diharapkan bisa menasional. Dan dengan adanya lomba ini Bupati mengharapkan akan muncul senam angguk seri lain berikutnya.

"Senam angguk merupakan ide yang kreatif semoga dengan adanya lomba ini akan lahir kreasi kreasi senam angguk yang baru,"harap dr. Hasto.