Bupati : Wajar Berbeda Pilihan Namun Utamakan Persatuan dan Kerukunan

  • 23 Januari 2014 09:30:17
  • 1729 views

Persatuan dan kerukunan harus tetap diutamakan meskipun terjadi perbedaan saat pemilihan kepala desa. Perbedaan pilihan itu merupakan hal yang wajar karena semua warga punya hak untuk memilih. Hal ini disampaikan Bupati Kulon Progo, dr. H. Hasto Wardoyo, Sp.OG (K) setelah melantik Kepala Desa Demangrejo, Gunawan, Rabu (22/1) Di Balai Desa Demangrejo, Sentolo Kulon Progo.


Bupati pada kesempatan itu mengharapkan kepada desa dapat merangkul semua masyarakat dalam melaksanakan tugas, termasuk mereka yang tidak memilihnya. Menurut dr. Hasto Demokrasi di Indonesia belum sempurna karena di beberapa daerah di Indonesia ketika terjadi pemilihan kepala daerah ada yang menyisakan permasalahan di tengah tengah masyarakat, yaitu perpecahan dan kebencian karena beda pilihan. Fenomena ini bupati harapkan tidak terjadi di wilayah Kulon Progo. Ia mengajak seluruh masyarakat untuk mengutamakan persatuan dan kerukunan, dan mensikapi perbedaan dengan secara wajar.


"Rangkul semua masyarakat sebaik-baiknya termasuk meraka yang tidak memilih, jangan diperlakukan beda jangan pula dianggap salah mereka yang tidak memilih,"terang dr. Hasto


Begitu juga kepada masyarakat, orang nomor satu di Kulon Progo ini berpesan agar bisa menerima kepala desa yang terpilih atau yang menjadi pemenang. Bagi pemilih yang menjadi pemenang, bupati mengajak untuk mensikapi secara biasa saja tidak perlu eforia yang berlebihan. Mengutamakan persatuan dan kerukunan lebih utama dari pada mengedepankan perbedaan pilihan.


"Hormati siapa yang terpilih manusia memang tidak ada yang sempurna, dan bagi yang menang sikapi biasa saja jangan terbawa eforia yang berlebihan,"tegas dr. Hasto.


Gunawan yang terpilih dalam pilihan kepala desa pada 29 Desember 2013 lalu berhasil mengungguli incumbent Sugeng dalam perolehan suara. Dengan demikian sesuai Surat Keputusan Bupati nomor 56 tahun 2014 yang tertanggal 20 Januari 2014 Gunawan telah resmi menjabat Kepala Desa Demangrejo periode 2014 - 2020 mulai dari tanggal pelantikan.