Pilkades Sogan Layak Jadi Contoh

  • 18 Januari 2014 09:31:33
  • 2679 views

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) mengapresiasi proses pilkades di Sogan yang menjunjung sportivitas, dan layak menjadi contoh bagi Pilkades di tempat lain dan Pileg yang akan datang.

"Kedua calon Kepala Desa selalu ubyang-ubyung, (pergi bersama-sama) saat proses pilkades" kata dokter Hasto, dalam sambutan seusai pelantikan dan pengambilan sumpah Indro Kurnianto sebagai Kades Sogan, bertempat di Balai Desa Sogan, Jumat (17/1/2014).

dokter Hasto menilai kebersamaan dan sportivitas dalam proses Pilkades sangat penting, karena kedepan akan menjadi modal sosial yang penting dalam pembangunan.

Bupati menjelaskan, Sogan juga dinilai memiliki sportivitas tinggi karena tidak terdengar money politik di Sogan. Di daerah lain, bupati sering mendapat laporan langsung dari masyarakat adanya money politik. Meski sulit untuk dibuktikan tetapi sering tercium aroma money politik.

Masyarakat Sogan cukup berbangga karena ada beberapa caleg berasal dari Sogan. Bupati berharap caleg-caleg dapat mencontoh proses pilkades ini, dan dapat kita sikapi dengan dewasa, fair dan sportivitas.

Dengan kebersamaan juga sesuai dengan Pancasila, karena Pancasila mengajarkan musyawarah mufakat. Sehingga tidak ada pertikaian dalam berpolitik.

Penggunaan coblosan/ contrengan fungsinya hanya untuk mempermudah proses pemilihan. Sebenarnya dengan musyawarah mufakat juga dapat menghemat biaya.

Pengambilan sumpah dan pelantikan Indro Kurnianto sebagai Kepala Desa Sogan Masa Jabatan 2014-2020 sesuai dengan Keputusan Bupati Kulon Progo Nomor 53 tahun 2014. Saksi Made Arsa Wijaya,SH dan Gunawan SIP. Rohaniawan Abdul Rohman S.Ag,MA.

Berdasarkan data berbagai sumber, pilkades Sogan dilaksanakan Minggu (22/12/2013), bertempat di Balai Desa Sogan dilanjutkan dengan penghitungan suara.

Dari DPT(Daftar Pemilih Tetap) sebanyak 1.578 warga, Hadir 1.243, Tidak hadir 335, Suara sah 1.222, Tidak sah 21 suara. Dari 1.222 suara sah, Indro kurnianto mendapat 936, Suyanto 286 suara. Selesai penghitungan suara pukul 17.45 wib, acara berjalan dengan aman dan lancar. (At.MC)