Pengajian Aparat Tingkatkan Keimanan dan Pengetahuan Agama

  • 17 Januari 2014 13:54:05
  • 1312 views

 

Dalam rangka peningkatan keimanan dan pengetahuan agama Islam bagi aparat, Pemerintah Kabupaten Kulon Progo menggelar pengajian rutin yang pertama di Masjid Agung Wates, Jumat (17/1). Pengajian yang juga sekaligus pentasarufan dana Baazda kali ini dihadiri Wakil Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo serta ratusan pegawai negeri muslim di lingkup Pemerintah Daerah Kulon Progo.

H. Anang Reksa anggota MUI Pusat sebagai penceramah dalam pengajian ini mengajak kepada seluruh pegawai untuk selalu berbuat baik. Dalam setiap berbuat baik menurut Anang, Alloh SWT menjamin akan membalasnya dengan kebaikan juga. Namun demikian ia mengharapkan tidak terjadi kesalahan pemikiran dan terus berbuat baik dengan iklas. Karena menurutnya baik ada empat kemungkinan jika kita berbuat baik dengan orang lain. Yaitu kebaikan kita dibalas orang lain dengan lebih baik, kedua dibalas sama, ketiga kebaikan kita dibalas dengan keburukan dan yang keempat dibalas dengan penghianatan.

Ustadz lulusan Al Azhar Kairo ini menjelaskan ada tiga kesalahan mendasar cara berpikir kebanyakan orang. Pertama keliru jika berbuat baik kepada orang lain maka orang lain tersebut yang akan membalas kebaikan kita. Kedua keliru jika kita melakukan suatu kebaikan maka mengaharapkan dibalas dengan kebaikan yang sama. Ketiga keliru jika kita berbuat baik hari ini mengharapkan dibalas kebaikan hari ini atau besok kepada kita.

"Hukum dalam Islam ada lima, mari kita jadikan kerangka dalam menjani aktifitas sebagai pegawai negeri,"ajak Anang.

Sebelum menutup ceramahnya Anang yang membidangi Hubungan Internasional di MUI ini mengajak kepada setiap pegawai negeri sipil bisa menjadi pegawai yang bermanfaat dan bekerja dijadikan sarana untuk beribadah. Ia menggambarkan hukum Islam ada lima yaitu wajib, sunah, makruh, mubah dan haram, setidaknya pegawai negeri bisa menjadi pegawai yang sunah jangan sampai menjadi dua yang terakhir.