1.050 Pohon Cemara Udang Ditanam di Pantai

  • 31 Desember 2013 14:51:01
  • 4186 views

Hutan merupakan salah satu ekosistem sumberdaya alam hayati yang dapat diperbaharui, berperan penting dalam perekonomian nasional dan berfungsi pula sebagai perlingdungan sistem penyangga kehidupan. keadaan seperti itu hannya dimungkinkan bila hutan dikelola secara lestari.

Hal tersebut disampaikan Wakil Bupati Kulon Progo, Drs.H.Sutedjo saat memberikan sambutan pada acara Bakti Sosial Gerakan Penghijauan Lingkungan Tahun 2013 di Pantai Trisik, Selasa (31/12/2013),

Kegiatan tersebut juga diikuti oleh BP DAS SOP (Balai Pengelolaan Derah Aliras Sungai Serayu Opak Progo), Dinas Pendidikan, Kantor Lingkungan Hidup,
Kantor Ketahanan Pangan dan Penyuluh Pertanian, Perikanan dan Kehutanan, Bagian perekonomian, Bagian TI Humas, BRI Cabang Wates, Camat Galur, Kepala Desa Karangsewu, Guru dan Siswa-siswi SMAN I Wates, SMKN I Pengasih, SMKN II Pengasih, SMKN I Nanggulan, SMAN I Kokap, SMAN I Temon, SMK N I Temon, SMAN I Galur. (Masing-masing sekolah mengirim 20 orang), SAR 20 orang, Pemuda Trisik (Kelompok Putro Samudra) 20 orang, dan masyarakat sekitar.

Lebih lanjut Drs.H.Sutedjo menyampaikan terjadinya pemanasan global dan perubahan iklim merupakan suatu tantangan bagi kita semua untuk segera bertindak. Untuk itu langkah nyata yang bisa dilakukan adalah dengan memperbanyak pohon dan tanaman.

Pada tanggal 28 November 2013 di Kabupaten Kulon Progo telah dicanangkan gerakan penanaman pohon di Desa Gerbosari Samigaluh dengan gerakan penanaman pohon sejumlah 1,25 juta pohon.

Kepada seluruh masyarakat, Wabup mengajak utuk melakukan penanaman pohon, kalau tidak bisa menanam, untuk ikut merawat, jika tidak bisa merawat jangan merusaknya. Gerakan dengan melibatkan anak sekolah ini, diharapkan agar anak sekolah sebagai generasi muda sedini mungkin dapat mencintai dan memelihara sumber daya hutan dan lahan untuk keberlanjutan pembangunan.

Pada kesempatan tersebut, Wabup menyampaikan terimakasin dan memberikan apresiasi atas kepedulian Bank BRI Cabang Wates yang telah memberikan dukungan guna menyelenggarakan gerakan ini.


Ir.Agus Haryawan Kepala Bidang Kehutanan Dinas Pertanian dan Kehutanan Kulon Progo menyampaikan bahwa pada gerakan ini dilakukan penaman pohon cemara udang sebanyak 1.050 pohon.

Pada gerakan penanaman ini didukung oleh Bank BRI Cabang Wates dengan memberikan Pupuk sebanyak 2 Ton.

Sementara dari hasil pantuan, para peserta melakukan penanaman pohon, yang sebelumnya terlebih dahulu membersihkan laha dari semak dan membuat lubang penanaman. (at.MC)

 

Berikut Foto Kegiatan Penanaman Pohon Cemara Udang di Pantai Trisik Karangsewu Galur, Selasa 31 Desember 2013.