2 Pabrik Tambah Lapangan Kerja Baru, Butuh Ratusan Karyawan

  • 29 Desember 2013 15:38:45
  • 7762 views

Dalam sehari Bupati dan Ketua MPR laksanakan Peletakan Batu Pertama Pembangunan Pabrik di 2 (dua) tempat. Pertama PT Kothis Prima Mitra yang bergerak dibidang Printing, Percetakan dan injektion di Desa Donomulyo Nanggulan. Yang kedua Pabrik Pengolahan Pakan Ternak milik H.Sudihardjo yang ada di Bantar Wetan Sentolo, Minggu (29/12/2013).

Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) mendukung penuh pembangunan kedua pabrik tersebut karena dengan adanya pabrik akan menambah lapangan pekerjaan dan mengurangi angka pengangguran di Kulon Progo.

"Pabrik ini pro rakyat, karena bersifat padat karya" kata dr.Hasto saat memberikan sambutan pada peletakan batu pertama di Donomulyo Nanggulan. Sehingga akan merekrut tenaga kerja yang banyak.

Bupati juga gembira, karena pabrik printing ini ramah lingkungan, baik ramah lingkungan fisik naupun ramah lingkungan sosial.

Bupati menyampaikan bahwa Kulon Progo menerapkan ekonomi kerakyatan. Sehingga selain mengembangkan padat karya dan gotong royong, Pemkab Kulon Progo juga mendorong BUMD (Badan Usaha Milik Daerah) maju.

"BUMD harus berkiprah di Kulon Progo" tambah dokter Hasto. Sehingga apa yang ada di Kulon Progo, BUMD harus ikut berperan. Seperti untuk penggunaan air minum di pabrik, diharapkan bisa disuplai dengan "Air Ku" produk BUMD Kulon Progo.

Bupati sangat peduli terhadap sumberdaya alam di Kulon Progo, digunakan sebesar-besarnya untuk kemakmuran rakyat Kulon Progo.

Kepada Mr. Zoo Chi Ho dan Mr. Ha Joo Han dari Korea Selatan pemilik PT.Kotis Prima Mitra, Bupati menyampaikan rasa terima kasihnya ikut membangun pabrik di Donomulyo, dan telah ikut membantu menyumbang dana pada program bedah rumah di tempat Keminem dusun Penjalin Donomulyo Nanggulan.

Hal senada juga disampaikan Bupati kepada pemilik tanah yang telah merelakan tanahnya seluas 1 Ha, untuk dibangun pabrik printing, yaitu Ny.Ambar. 

Mr.Zoo dan Han dalam sambutannya menyampaikan dengan pendirian pabrik printing ini diharapkan akan memberi dampak positif bagi kesejahteraan masyarakat sekitar.

Direncanakan di awal akan merekrut 100 - 200 karyawan, dan setelah beoperasi dengan baik meningkat menjadi 400 karyawan putra-putri.

Ketua MPR Sidarto Danusubroto sangat terkagum dengan ide-ide dokter Hasto Bupati Kulon Progo. "Jangan lupa bela beli Kulon Progo. Bupati Kulon Progo benar, kita perangi kekalahan teknologi kita (dari luar) dengan ideologi" kata ketua MPR.

Lebih lanjut Ketua MPR sangat bangga ide Bupati yang banyak. "Tadi bedah rumah ke-400 semua dikerjakan dengan Gotong Royong" tambah Sudarto.

Ketua MPR juga menegaskan bahwa yang kita butuhkan adalah kegiatan yang bersifat padat karya bukan padat modal. Ketua MPR juga mendukung penuh karena pembangunan pabrik dilakukan di daerah tidak produktif, bukan lahan pertanian.

Gotong royong yang diwujudkan dalam bedah rumah dinilai ketua MPR sebagai kegiatan yang "membumi", sehingga ketua MPR merasakan bahagia dengan adanya kegiatan ini.(at.MC)