Jelang Tahun Baru Alun-alun Wates Bebas Kendaraan

  • 27 Desember 2013 08:59:12
  • 2003 views

Menyambut malam tahun baru 2014 di kabupaten Kulon Progo, berbagai kegiatan diselenggarakan oleh masyarakat maupun pemerintah daerah. Beberapa warga masyarakat menggelar pentas organ tunggal yang murah meriah dengan artis atau penyanyi lokal, sedangkan pemerintah daerah melalui Dinas Kebudayaan Pariwisata Pemuda dan Olaharaga (Disbudparpora) menggelar berbagai kegiatan di obyek-obyek wisata. Puncak acara pergantian tahun akan berlangsung di obyek wisata Pantai Glagah Indah, Temon.

Kepala Dinas Budparpora Kabupaten Kulon Progo, Eko Wisnu Wardhana,SE, Jum'at (27/12) mengatakan dalam menyambut malam tahun baru 2014 serta tanggal 1 Januari nanti, di berbagai obyek wisata Kulon Progo akan digelar berbagai hiburan kesenian, untuk puncak malam tahun baru di obyek wisata Pantai Glagah Indah dengan hiburan kesenian dan pentas kembang api yang diikuti oleh Bupati Kulon Progo dr.H.Hasto Wardoyo, Sp.OG(K), Wakil Bupati Drs.H.Sutedjo, Ketua DPRD Kulon Progo Ponimin Budi Hartono,SE, Forkorpimda dan pimpinan SKPD (Satuan Kerja Perangkat Daerah).

Sementara itu di pusat ruang publik kota Wates, yakni di Alun-alun Wates, menurut Eko, khusus pada malam tahun baru kawasan tersebut akan dibebaskan dari kendaraan bermotor baik sepeda motor maupun mobil (Car Free Night) sehingga yang melintas dan menikmati pergantian malam tahun baru hanyalah para pejalan kaki dan pesepeda onthel. 

"Untuk penempatan sepeda motor dan mobil sudah disiapkan kantong-kantong parkir  di beberapa ruas jalan menuju Alun-alun Wates,"kata Eko. 

Sedangkan bagi masyarakat yang akan menyemarakkan malam pergantian tahun dengan kembang api, demi menjaga ketertiban, kenyamanan dan rasa kepedulian dengan warga sekitar yang sedang tidak sehat, dihimbau untuk menyalakan kembang api di Alun-alun Wates 10 menit sebelum dan 10 menit setelah pergantian tahun atau pukul 00.00 WIB.  

Selain itu, kembang api yang dinyalakan diharuskan berukuran di bawah 2,5 inci, sedangkan untuk ukuran 2,5 inci harus ijin kepada pihak berwajib. Untuk membantu keamanan beberapa pos dari Polres Kulon Progo telah disiapkan sejak menjelang perayaan Natal di sudut-sudut Alun –Alun Wates.(Hr)