Sekda Sintang Kunjungi Kulon Progo

  • 18 Desember 2013 12:49:52
  • 2003 views

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Kulon Progo Ir. RM.Astungkoro,M.Hum. menerima kunjungan Sekda Sintang Kalimantan Barat Drs.H.Zulkifli HA,M.Si. dalam rangka Kaji Terap Pembiayaan Kepala Daerah/ Wakil Kepala Daerah, bertempat di Gedung Kaca Lantai 1, Rabu (18/12/2013).

Sekda Sintang menyampaikan berbagai permasalahan yang dihadapi Kabupaten Sintang terutama terkait penerapan pembiayaan tersebut. Beberapa kegiatan dilaksanakan, seperti bantuan hibah, tetapi sulit untuk di SPJ-kan. Sehingga ingin belajar dari Kulon Progo agar bantuan tetap bisa diberikan kepada masyarakat yang membutuhkan tetapi tetap bisa dipertanggung jawabkan sesuai peraturan.

Semenjak bantuan insidentil dihapus oleh Pemerintah Pusat, bantuan Pemerintah Kabupaten tidak bisa serta merta memberikan bantuan kepada masyarakat yang membutuhkan. Untuk itu Sekda Sintang berserta rombongan ingin mengetahui langkah-langkah yang dilakukan oleh Pemerintah Kabupaten Kulon Progo, baik dari segi kebijakan maupun secara teknis.


Menanggapi kunjungan tersebut, Sekda Kabupaten Kulon Progo menyampaikan sangat
berterimakasih berkenan mengunjungi Kabupaten Kulon Progo. Lebih lanjut Sekda Kulon Progo Ir.RM.Astungkoro,M.Hum, Asisten Administrasi Umum Kulon Progo menyampaikan beberapa kebijakan yang dilakukan Pemerintah Kabupaten Kulon Progo.

Pemkab Kulon Progo menyampaikan beberapa kebijakan antara lain terlebih dahulu menyusun album kemiskinan. Beberapa bantuan yang diberikan antara lain santunan kematian bagi keluarga miskin, Jamkesda, bantuan kecelakaan bagi penderes dan beberapa bantuan hibah lainnya, dengan berdasar Peraturan Pemerintah RI No.109 Tahun 2000 tentang Kedudukan Keuangan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah, kemudian membuat Perda tentang Kedudukan Kepala Daerah, dan membuat Peraturan Bupati (Perbup) No 33. Sehingga dalam memberikan bantuan tetap sesuai peraturan yang berlaku.

Lebih lanjut Sekda Kulon Progo juga menyampaikan bahwa Bupati Kulon Progo saat ini juga mengajak kepada para pengusaha untuk peduli dan memberikan bantuan kepada warga yang membutuhkan.


"Kita buat album kemiskinan. Indikator yang dibuat BPS ditambah beberapa indikator. Album kemiskinan di update tiap tahun" kata Asisten Administrasi Umum Drs.Djoko Kus Hermanto, MM.

Berdasar album kemiskinan, jika ada keluarga miskin yang meninggal akan diberi santunan kematian dari APBD sebesar Rp. 500 ribu, dan rencananya tahun depan akan dinaikkan.(at.MC)

Sekda Sintang mengalungkan selendang kepada Sekda Kulon Progo.

 

Sekda Sintang berserta rombongan diterima Sekda Kulon Progo dan beberapa Kepala SKPD