Pengusaha Berkomitmen Turut Mencegah Penularan HIV AIDS

  • 10 Desember 2013 09:31:04
  • 1446 views

Peringatan hari AIDS sedunia yang jatuh pada tanggal 1 Desember diperingati oleh Komisi Penanggulangan AIDS Kabupaten Kulon Progo dengan menggelar Lokararya Pengusaha, Senin (9/12). Lokakarya tersebut mengundang para pengusaha se Kabupaten Kulon Progo beserta Serikat Pekerja, kebanyakan pengusaha yang diundang adalah pengusaha yang bergerak dalam bidang yang rentan terhadap penularan HIV AIDS.
Menurut sekretaris panitia peringatan hari AIDS sedunia Kabupaten Kulon Progo, Arif Prastowo, S.Sos, M.Si, pengusaha yang diundang adalah yang memiliki karyawan banyak dan pengusaha yang dianggap rentan terhadap penularan HIV AIDS. "Pengusaha yang kami undang adalah pengusaha yang memiliki jumlah karyawan banyak dan pengusaha yang memiliki usaha yang dianggap rentan tehadap penularan HIV AIDS, sektor usaha yang rentan antara lain perhotelan dan salon." terang Arif.
Lokakarya tersebut diawali dengan penandatanganan MoU antara RSUD Wates dan Lembaga Swadaya Masyarakat Victory Plus dari Yogyakarta yang bergerak dalam pendampingan (Orang Dengan HIV AIDS) ODHA. Pendamping atau konselor sangat dibutuhkan ODHA untuk menguatkan mental, padahal di Kulon Progo jumlah konselor masih sangat terbatas. "Konselor di Kulon Progo kurang lebih hanya ada sepuluh orang, untuk itu perlu ada kerja sama dengan pihak lain, akan lebih berdampak positif jika konselor adalah sesama ODHA." Arif menjelaskan.
Dalam lokakarya, para pengusaha diberikan penyuluhan tentang HIV AIDS yang disampaikan oleh dr. Oktavianus Wahyu, Sp. OG yang dilanjutkan dengan tanya jawab serta diskusi. Dari hasil diskusi tersebut para pengusaha sepakat untuk berkomitmen dalam mencegah penularan HIV AIDS ditempat kerja. Kesepakatan komitmen tersebut ditandai dengan penandatanganan bersama dengan disaksikan oleh Bupati Kulon Progo, dr. H. Hasto Wardoyo. Sp.OG(K).
Dalam kesempatan tersebut Hasto Wardoyo menyampaikan terima kasih kepada para pengusaha yang telah peduli dalam mencegah penularan HIV AIDS di lingkungan kerja. "Saya sangat senang bahwa para pengusaha di Kulon Progo mau ambil bagian da;am mencegah penularan HIV AIDS di lingkungan kerja terutama yang dianggap rentan terhadap penularan HIV AIDS, untuk itu saya mengucapkan terima kasih. Karena masalah HIV AIDS ini memang harus ditangani secara bersama-sama." tutup Hasto.