Kulon Progo dan Purworejo Tingkatkan Kerjasama

  • 07 Desember 2013 14:44:04
  • 2685 views

Pemkab Kulon Progo tingkatkan kerjasama dengan Pemkab Purworejo. Kerjasama antar dua kabupaten dalam berbagai bidang sangat diperlukan, selain karena bertetangga dekat, potensi, permasalahan dan tantangan yang dihadapi kedua kabupaten nyaris sama. Masyarakat di daerah perbatasan pun sudah saling berinteraksi dan saling membutuhkan.

Secara potensi pertanian perkebunan dari kedua kabupaten sama-sama menghasilkan buah unggulan yang sama.
"Beberapa kesamaan yang ada seperti Durian, Manggis, Petai, Kambing PE, bahkan daerah Endemis malaria juga sama" kata Bupati Purworejo, saat menerima kunjungan Bupati Kulon Progo beserta rombongan di Peringgitan, Rumah Dinas Bupati Purworejo, Jumat (6/11/2013).

Dengan banyaknya kesamaan tersebut, Bupati Purworejo, Drs. H. Mahsun Zain, M.Ag menilai menjadi modal dasar untuk selalu guyup rukun. Maka jika ada permasalahan apapun bisa dibahas bersama-sama dengan arif dan bijaksana.

Tentang hal tersebut Bupati Kulon Progo sependapat dengan Bupati Purworejo, bahkan Bupati Kulon Progo menyampaikan jika ada rezeki dinikmati bersama-sama, jika ada permasalahan dibahas bersama-sama.

"Yen ono pangan yo dipangan bareng bareng, yen ono masalah yo dirembug bareng-bareng" demikian disampaikan Bupati dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K).

Menyinggung tentang bandara udara yang akan dibangun di Kulon Progo, maka Purworejo juga akan dapat menikmati keberadaannya karena purworejo akan menjadi tempat transit para penumpang yang dari arah barat.

Jika ada permasalahan di perbatasan, dr.Hasto selalu mengajak untuk cenderung berpikir kedepan, dan mencari hal yang baik-baik saja. Dan selalu mengutamakan kebersamaan.

"Kami ingin berlomba-lomba dalam kebaikan.
Kita dapat menyelesaikan dengan baik." Tambah dr.Hasto. Namun jika ada hal-hal yang kurang baik maka akan segera memperbaikinya.

Demikian halnya saat membahas permasalahan tentang akses jalan, antara Desa Pasirmendit, Pasirkadilangu yang melewati Desa Jogoboyo, akan dibahas bersama-sama.

Kepala Desa Jogoboyo menyampaikan, bahwa pemasangan portal di Jogoboyo karena jalan tersebut masih dalam masa pemeliharaan selama 6 bulan, sehingga untuk kendaraan yang bertonase besar diharapkan menggunakan jalan lain.

Mengenai hal tersebut Bupati Purworejo menyampaikan untuk memudahkan jalan orang lain yang akan mencari rezeki, insyaalloh Tuhan akan memudahkan kita.

Sedangkan terkait permasalahan lain seperti status an pemanfaatan Paku Alam Ground (PAG) akan dibahas dan diteliti lagi secara bersama-sama.(at.MC)