Pemprov Sulsel Benchmarking Reformasi Birokrasi

  • 27 November 2013 14:43:37
  • 1573 views

Drs.H.Mappagio,M.Si Asisten Administrasi Setda Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) bersama rombongan lakukan Benchmarking Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) di Kabupaten Kulon Progo.

Rombongan diterima Drs.Riyadi Sunarto Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat mewakili Bupati Kulon Progo, bertempat di Aula Balai Latihan Kerja (BLK), Rabu (27/11).

Drs.H.Mappagio,M.Si menyampaikan Kunjungan Kerja ke Kulon Progo ini dikarenakan Kulon Progo telah melaksanakan Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB) sehingga dengan kunjungan ini diharapkan Pemerintah Provinsi Sulsel mendapatkan informasi lebih lanjut, sehingga mengetahui bagaimana pelaksanaan reformasi birokrasi dan dapat mengadopsinya.

Tujuan kedua, untuk menambah pengalaman karena sebagai abdi negara dan abdi masyarakat, Pemprov Sulsel ingin memberikan pelayanan terbaik bagi masyarakat, Disamping itu untuk melalui kunjungan ini dapat menjalin silaturahmi antara Pemprov Sulsel dengan Pemda Kulon Progo.

"Kami ingin melihat dan ingin tahu Pelaksanaan Reformasi Birokrasi dan Penilaian Mandiri Pelaksanaan Reformasi Birokrasi (PMPRB)." demikian disampaikan Drs.H.Mappagio,M.Si Asisten Administrasi Setda Prov Sulsel selaku ketua rombongan.


Mengenai pelaksanaan reformasi birokrasi Kepala Bagian Organisasi Setda Kulon Progo Drs.Yohanes Iriyanto, M.Si menyampaikan pelaksanaan reformasi birokrasi sangat terbantu oleh Politicalwill Bupati Kulon Progo saat ini dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K), sehingga kami diminta segera membuat roadmap Reformasi Birokrasi.

"Meskipun dalam menyusun roadmap tersebut perlu perjuangan. karena tanpa didukung anggaran" kata Pak Ir panggilan akrabnya. Hal tersebut dikuatkan Drs.Riyadi Sunarto yang menyampaikan bahwa meskipun PAD Kulon Progo masih sangat rendah tapi kami punya semangat dan perjuangan yang tinggi. Terkait hal tersebut sejak awal, Bupati Kulon Progo bersama Kepala SKPD membuat pakta integritas.


Sedangkan Irban Bidang Pemerintahan Yunarko,SH MPd dari Inspektorat Daerah Kabupaten Kulon Progo menyampaikan berbagai hal tentang PMPRB yang sudah dilaksanakan. Penjelasan yang disampaikan meliputi Dasar Hukum pelaksanaan, sarana alat bukti, pembiayaan, tim yang melaksanakan, pembagian tugas tim pelaksana dan jadwal pelaksanaan reformasi birokrasi. (MC)