Setelah Jadi Kades Jangan Gembelengan

  • 27 November 2013 14:24:22
  • 1651 views

Suwito. AP calon Kepala Desa terpilih desa Kaliagung, Sentolo, Selasa (26/11) diambil sumpah dan dilantik oleh Bupati Kulon Progo dr. H. Hasto Wardoyo, Sp. OG(K). Suwito terpilih menjadi Kepala Desa setelah mengalahkan Supri Haryana dalam Pemilihan Kepala Desa Kaliagung beberapa waktu yang lalu.
Dalam kesempatan tersebut Bupati berpesan kepada Suwito agar jangan gembelengan setelah terpilih menjadi Kepala Desa Kaliagung. "Dari lagu gundul-gundul pacul kita dapat mengambil ari bahwa ketika kita masih menjadi rakyat biasa yang setiap harinya memanggul pacul boleh saja gembelengan. Namun ketika kita telah menerima amanah dari masyarakat atau bisa digambarkan nyunggi wakul, jagan lagi gembelengan, karena bisa-bisa wakulnya ngglimpang" Hasto berpesan.
Selain itu Bupati juga mengingatkan bahwa menjadi seorang pemimpin itu tidak mudah karena harus dapat bersikap jujur, adil dan lururs, serta harus dapat memilah antara kepentingan pribadi dan kepentingan masyarakat. "Menjadi pemimpin itu tidak mudah, terutama dalam hal mengambil kebijakan, dan setiap kebijakan pasti ada pro dan kontra, untuk itu harus dapat menfasilitasi sebagian besar kebutuhan masyarakat." Ujar Hasto mengingatkan.
Kepada Supri Suharyana, Bupati mengucapkan terima kasih atas peran sertanya dalam pencalonan Kepala Desa Kaliagung, tanpa peran sertanya, meurut Hasto demokrasi dalam Pilkades tidak dapat terwujud.