Kabupaten Kulon Progo Kembali Raih Plakat WTN

  • 30 Oktober 2013 12:12:16
  • 1563 views

Sebagai bentuk penghargaan karena telah membangun dan mewujudkan budaya keamanan dan keselamatan, serta untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan dan kinerja operasional sistem transportasi perkotaan, pemerintah memberikan plakat penghargaan Wahana Tata Nugraha (WTN) kepada Pemerintah Kabupaten Kulon Progo atas kemampuan daerah daerah dan peran serta masyarakatnya dalam meningkatkan penyelenggaraan kinerja sistem transportasi perkotaan agar tercipta sistem lalu lintas dan angkutan kota yang tertib, lancar, selamat, aman, efisien, berkelanjutan dan menjamin ekuitas hak pengguna.

Penghargaan Wahana Tata Nugraha diberikan kepada Kabupaten Kulon Progo dalam bentuk sertifikat dan Plakat Wahana Tata Nugraha untuk kategori kota kecil. Plakat Wahana Tata Nugraha diserahkan oleh Menteri Perhubungan EE Mangindaan kepada Kabupaten Kulon Progo yang diterima langsung oleh Wakil Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo pada Kamis (3/10) lalu di Hotel Shangri La, Surabaya. Dengan diperolehnya penghargaan Wahana Tata Nugraha 2 tahun berturut-turut yaitu pada tahun 2012 dan 2013 menunjukkan bahwa penilaian kinerja penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan di Kabupaten Kulon Progo dipandang baik sesuai dengan indikator yang dipakai untuk penilaian.

Dengan diterimanya penghargaan ini, Pemkab Kulon Progo akan semakin meningkatkan penyelenggaraan transportasi di wilayah perkotaan yang handal, berkelanjutan dan menjamin kesamaan hak pengguna jalan serta meningkatkan peran serta masyarakat dalam disiplin berlalu lintas, sehingga dapat menurunkan tingkat kecelakaan lalu lintas.

Nugroho, S.E., M.M., Kepala Dinas Perhubungan, Komunikasi, dan Informatika berharap dengan diterimanya penghargaan ini, tidak sekedar mendapatkan plakat dari presiden, tetapi ke depan supaya bisa mendapat piala. Untuk mencapai hal ini, Nugroho menjelaskan perlunya koordinasi dengan SKPD terkait dan anggaran yang cukup untuk memenuhi kekurangan penilaian Wahana Tata Nugraha di tahun ini. Karena dua kali berturut-turut Kabupaten Kulon Progo masih dinilai sama, sehingga di tahun mendatang harus meningkat dan diupayakan tidak mendapat plakat dari Kementerian Perhubungan, tetapi piala dari Presiden. Nugroho menambahkan, administrasi sistem transportasi perkotaan di Kulon Progo sudah dinilai baik begitu juga rambu-rambu yang ada relatif masih baik.

"Untuk mencapai piala presiden, kita akan berusaha memperbaiki penilaian yang masih kurang, karena kita mempunyai data tentang kekurangan-kekurangan di tahun 2013, misalnya kita akan membangun halte, memperhalus terminal, ataupun penataan LPJU dan sarana prasarana lainnya. Harapan kami, untuk tahun 2014, kita mendapat Piala Wahana Tata Nugraha dari Presiden," katanya, Rabu (29/10).

Penghargaan Wahana Tata Nugraha diberikan berdasarkan hasil penilaian terhadap kinerja penyelenggaraan sistem transportasi perkotaan dan dilakukan dalam tahapan administrasi, teknis dan operasional dan komitmen (political will) kepala daerah serta kebijakan pemda dalam pengembangan dan pembangunan transportasi perkotaan.***