Di Lokasi Bedah Rumah Wakil Bupati Terharu

  • 23 September 2013 11:54:56
  • 1604 views

Sudah hampir dua tahun program bedah rumah berjalan dan sekitar 300an rumah berhasil dibedah tanpa dana dari pemerintah. Bedah rumah mandiri merupakan sebuah bukti bahwa gotong royong masyarakat yang merupakan modal utama harus tetap dipertahankan. Jauh sebelum program bedah rumah ada di Kabupaten Kulon Progo, masyarakat pedukuhan Pongangan ternyata telah melaksanakan dua kali bedah rumah secara mandiri, yang pertama masyarakat membedah rumah Ibu Birah pada tahun 1986 dan rumah Bapak Gono pada tahun 2008. Wakil Bupati Kulon Progo, Drs. H. Sutedjo dalam kesempatan bedah rumah Minggu (22/9) kemarin kepada masyarakat Pongangan, Sentolo, Sentolo dan Temanggal, Wijimulyo, Nanggulan merasa bangga dan terharu bahwa masyarakat pedukuhan Pongangan telah melaksanakan bedah rumah secara mandiri tanpa ada bantuan dari Bazda Kabupaten Kulon Progo.
"Saya merasa terharu dan bangga kepada warga pedukuhan Pongangan yang telah memiliki kepedulian yang tinggi kepada saudaranya yang sedang mengalami musibah. Dana yang terkumpul dari masyarakat yang mencapai 21 juta tidak sedikit, belum lagi bantuan yang berupa bahan bangunan dan tenaga yang dikerjakan secara gotong royong, ini luar biasa dan harus terus dilestarikan di masyarakat." ujar Sutedjo. "Sudah menjadi kodrat, manusia selalu membutuhkan bantuan orang lain, buktinya Adam, manusia pertama dibuatkan pendamping Siti Hawa oleh Allah SWT. Karena manusia tidak dapat hidup seorang diri dan pasti membutuhkan bantuan orang lain, jadi sudah semstinya manusia saling tolong menolong, saling bantu dan bergotong royong untuk menyeselesaikan pekerjaan agar lebih mudah dan ringan." Sutedjo menambahkan.

Di lokasi pertama rumah Dalilah warga Pongangan Rt 11/06 Sentolo, Sentolo wakil bupati dan rombongan tim bedah rumah ikut kerja bakti gotong royong langsir genting. Di tempati ini diserahkan juga bantuan dari Bazcam Sentolo sebesar Rp. 1 juta oleh Camat Sentolo Ir. Aspiyah, M.Si. Teguh, Kepala Desa Sentolo juga terlihat menyerahkan bantuan yang dihimpun dari Kantor Kepala Desa Sentolo. Sementara Kepala Badan Kepegawaian Daerah, Drs. Djulistyo dan Kepala Bagian TI dan Humas Kabupaten Kulon Progo, Rudy Widiyatmoko, S.Sos juga menyerahkan bantuan kepada Dalilah. Sedangakn untuk IMB kecamatan Sentolo yang akan mengurus. Sedangkan di lokasi kedua rumah Rudi Rusadi warga Temanggal, Wijimulyo, Nanggulan, wakil bupati dan rombongan tim ikut melangsir material untuk mengecor ring atas. Di sini diserahkan bantuan dari Bazda Kabupaten Kulon Progo sebesar Rp. 10 juta juga bantuan dari BKD, Bagian TI dan Humas, BKAD . Dalam kesempatan tersebut Wakil Bupati menyerahkan Ijin Mendirikan Bangunan.