509 Pejabat Pemkab Kulon Progo Dilantik

  • 02 Januari 2009 00:00:00
  • 2340 views
Sebanyak 509 pejabat eselon II hingga V di lingkungan Pemkab Kulon Progo, Jumat (2/1) dilantik secara massal oleh Bupati H Toyo Santoso Dipo di gedung Kesenian Wates. Selain melantik para pejabat, pada kesempatan itu Toyo juga mengangkat 43 Sekretaris Desa (Sekdes) menjadi PNS. Acara itu dihadiri oleh Wakil Bupati Drs H Mulyono, Ketua DPRD Drs H Kasdiyono, jajaran Muspida dan Ketua TP PKK Hj Wiwik Toyo Santoso Dipo.

Pejabat yang dilantik antara lain, Drs H So?im sebagai Sekda, Drs Sutedjo sebagai Asisten Pemerintahan Kesejahteraan Rakyat, Ir Agus Anggono sebagai Asisten Perekonomian Pembangunan dan Sumberdaya Alam serta Muqodas Rozie, SH sebagai Asisten Administrasi Umum Sekretariat Daerah.

Di samping pejabat-pejabat tersebut beberapa pejabat promosi sebagai pejabat eselon II untuk menempati jabatan kepala pada dinas dan badan baru. Yakni Dra Niken Probo Laras, S Sos, MH sebagai Kepala Dinas Koperasi UMKM, Drh Sabar Widodo sebagai Kepala Dinas Kelautan Perikanan dan Peternakan serta Drs Krissutanto sebagai Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana.

Dalam sambutannya Toyo menyatakan, pelantikan itu merupakan proses yang unik karena dilakukan secara massal dengan jumlah pejabat 500 orang lebih. Namun itu merupakan pelaksanaan Perda Nomor 3 Tahun 2008 yang memang harus segera dilakukan.

Lebih jauh Toyo menyatakan, dalam pengangkatan pejabat kali ini dijamin dilakukan secara fair dan tidak ada praktik kolusi maupun suap-menyuap. Sebab, pihaknya memang punya komitmen untuk menghapus praktik KKN dalam pengangkatan pejabat maupun dalam penerimaan PNS.

?Kalau mau menghapus KKN kita harus melakukan secara nyata. Kalu hanya berbicara dan tidak melakukan apa-apa, itu namanya gedhang ngawoh pakel,? tandasnya.
Kepada para Sekdes yang diangkat sebagai PNS, Toyo berharap agar penngangkatan tersebut diterima sebagai terbukanya kesempatan berkarir bagi para Sekdes. ?Saya harapkan semua legawa dan bisa menerima pengangkatan ini,? pintanya