Angguk Kulon Progo Akan Turut Pawai Budaya di Jakarta

  • 14 Agustus 2013 13:26:34
  • 4191 views

 

Kesenian khas Kulon Progo Angguk Putri akan turut tampil dalam Pawai Budaya Nusantara 2013 di Silang Monas Jakarta, dalam rangka memeriahkan HUT Kemerdekaan RI ke-68 mewakili DIY yang berlangsung pada hari Minggu (18/8) yang dijadwalkan akan dimulai pukul 14.30 WIB.

Hal tersebut dikatakan Kepala Dinas Kebudayaan Pariwisata, Pemuda dan Olahraga Kulon Progo Eko Wisnu Wardhana,SE, Rabu (14/8). Selain pentas di Jakarta,  kesenian Angguk yang dibawakan oleh siswa SD dan SLTP juga akan turut serta memeriahkan Pawai Pembangunan yang digelar oleh pemda DIY di Yogyakarta pada hari Sabtu (24/8) mendatang.

Menurut Eko, kesenian Angguk yang akan tampil di Jakarta ini mengambil tema Golong Gilig sebagai penggambaran negara Ngayogyakarta yang bersatu dengan Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI).

Pawai Budaya Nusantara ini akan dilaksanakan di Kawasan Monumen Nasional Jakarta dengan rute yang dimulai dari Kawasan Utara Monas menuju Jln. Medan Merdeka Utara dimana peserta berjalan menuju Istana Merdeka. Kemudian, masing-masing peserta akan melakukan atraksi selama 2,5 menit di panggung Kehormatan Istana Merdeka, untuk selanjutnya menuju ke Jln. Medan Merdeka Barat sambil melakukan karnaval. Setelah itu di depan Kantor Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif peserta pawai melakukan atraksi, dan untuk selanjutnya berjalan menuju ke arah Patung Arjuna Wijaya. Dari Patung Arjuna Wijaya, peserta menuju Jln. Medan Merdeka Selatan dan melakukan atraksi di depan Balai Kota Jakarta. Selanjutnya, peserta berjalan hingga ujung dan masuk melalui silang Barat Daya Monas yang akan disambut oleh permainan dan hiburan rakyat persembahan Pemda DKI Jakarta.  (MC)