Sumbangsih Pesantren Berperan Memajukan Kulon Progo

  • 14 Agustus 2013 12:43:41
  • 2577 views

Memanfaatkan lebaran Iedul Fitri 1434 H tahun ini Pemerintah Kabupaten Kulon Progo melakukan kunjungan silaturahmi ke lima pondok pesantren di Kulon Progo, Rabu (14/8). Selain untuk menjalin silturahmi antar ulama dan umaro kunjungan ini juga dimaksudkan memberikan bantuan ke pondok pesantren. Masing masing pondok pesantren mendapatkan bantuan lima juta rupiah dari dana Bazda Kulon Progo. 


Dipimpin Wakil Bupati Kulon Progo Drs. H Sutedjo rombongan yang diikuti oleh Forum Koordinasi Pimpinan Daerah (Forkompimda) dan Satuan Kerja Perangakat Daerah (SKPD) terkait berangkat dari Rumah Dinas Bupati Kulon Progo pertama menuju Pondok Pesantren Al Hidayah, Karangwuluh, Temon. Selanjutnya rombongan melanjutkan ke Ponpes Darul Ulum Karangsewu Galur, Ponpes Nurul Haromain Tuksono Sentolo, Ponpes Al Miftah Jatisaroro Nanggulan dan yang terakhir Ponpes Al Mannar Pengasih.


Di Ponpes Al Hidayah rombongan wakil bupati di terima pengasuh pondok pesantren Kyai Abdullah Syarifudin dan para santri. Dalam sambutan penerimaannya Rofiudin Muhamad Alihakim Selaku Wakil Shohibul Bait menyampaikan dengan silaturahmi ini semoga menambah rahmat Alloh. Rofiudin juga menceritakan sejarah berdirinya pondok pesantren.


Bermula dari tahun 1070an Ponpes Al Hidayah masih merupakan pesantren masjid. Baru pada tahun 2003 resmi berdiri pesantren Al Ma'had Al Hidayah. Santri ponpes ini memiliki 93 meliputi anak yatim,dhuafa, dan anak terlantar/ anak jalanan, 51 di antaranya di panti asuhan. Karena terkendala tenaga pengasuh anak jalan pondok pesantren ini masih membutuhkan bantuan dari dinas instansi terkait.


"Kami belum memiliki tenaga khusus untuk menangani anak jalanan, semoga dengan silaturahmi ini pemerintah dapat memberikan bantuan tenaga untuk membina anak-anak jalanan," tutur Rofiudin.


Sementara itu Wakil Bupati Drs. H Sutedjo di tempat yang sama menyampaikan selain untuk memupuk hubungan antara ulama dan umaro, kesempatan silaturahmi ini juga untuk mengoptimalkan sumbangsih ponpes dalam memajukan Kulon Progo agar lebih sejahtera.
"Pesantren telah banyak memberikan sumbangsih dengan membangun mental spirituan masyarakat, kami ucapkan terima kasih,"kata Sutedjo. "Dalam memajukan Kulon Proga sumbangsih pesantren sangat diperlukan untuk itu kami mohon dukungan semua elemen masyarakat termasuk pengasuh pesantren,"tambah wakil bupati.