Harga Jelas Petani Siap Tingkatkan Produksi Kedelai

  • 31 Juli 2013 13:43:17
  • 1482 views

Pencanangan panen kedelai dan pelaksanaan program stabilitasi harga kedelai di Desa Kembang Kecamatan Nanggulan Kulon Progo. Rabu (31/7). Hadir dalam acara tersebut Debuti Koordinator Pertanian dan Sumberdaya hayati, Kemenko Perekonomian, Deputi Bidang Produksi Kementrian Koperasi dan UKM, Direktur Jendral Perdagangan Dalam Negeri Kementrian Perdagangan, Wakil Bupati Kulon Progo dan ratusan petani di wilayah kecamatan Nanggulan.


Diawali dengan panen bersama Kadinas Pertanian DIY Ir. Sasongko, Kadinas Pertanian dan Kehutanan Kabupaten Kulon Progo Ir. Bambang Tri Budi Harsono, Wakil Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo dan Direktur Perlindungan Tanaman Pangan Ir. Erma Budianto.


Petani dalam dialog menyampaikan beberapa kendala terkait produktifitas kedelai di tingkat petani. Benih yang menjadi salah satu penyebab menurunnya produktifitas tanaman kedealai. Selain kesulitan benih petani juga meminta agar HPP kedelai bisa ditinjau kembali. Petani akan sanggup meningkatkan produktifitasnya jika ada kejelasan harga jual kedelai.


Komoditas kedelai pada tahun 2013 sasaran produksi ditargetkan sebesar 1,5 juta ton biji kering, selanjutnya meningkat 80 % sehinggga tahun 2014 diharapkan mampu memproduksi kedelai sebesas 2,7 juta ton dan dapat memenuhi kebutuhan dalam negeri. Namun dalam mencapai swasembada pangan khususnya kedelai masih banyak kendala yang dihadapi sehingga belum bisa optimalnya produktifitas tanaman kedelai.


Terjadinya allih fungsi lahan produktif, pemilikan lahan yang sempit dan sulitnya masyarakat mengakses lahan. Belum maksimalnya petani mengelola pola tanam, memanfaatkan lahan secara optimal. Kondisi iklim yang tidak menentu dan sulitnya mendapatkan akses pasar, sehingga petani tidak mampu menjual hasil panen dengan harga yang cukup menguntungkan.


Dalam upaya menstabilkan harga maka pemerintah mengeluarkan peraturan Menteri Perdagangan RI nomor 25/M-DAF/PER/6/2013 tanggal 13 Juni 2013 tentant penetapan harga pembelian kedelai pertani. Harga pembelian kedelai ditetapkan sebesar Rp. 7.000,-/kg di tingkat petani dengan kualitas sesuai SNI (kadar air 14 %)