BPMPDPKB Penyuluhan KRR di Pesantren Ramadhan SMK Muh Kalibawang

  • 30 Juli 2013 14:46:50
  • 3798 views

Bertempat di aula SMK Muhammadiyah Kalibawang, Selasa (30/7), Badan Pemberdayaan Masyarakat Pemerintahan Desa Perempuan dan Keluarga Berencana (BPMPDPKB) Kabupaten Kulon Progo melakukan penyuluhan Kesehatan Reproduksi Remaja (KRR) yang dikemas dalam materi bertema "Pergaulan Remaja" dalam kegiatan Pesantren Ramadhan Tahun Pelajaran 2013/2014 yang diselenggarakan sekolah tersebut. Kegiatan dengan sasaran 329 remaja dari SMP 1 dan 2 serta SMK Muhammadiyah Kalibawang tersebut diisi oleh dua nara sumber yang merupakan pejabat Eselon III dan IV dari BPMPDPKB, yakni Drs. Yudono Hindri Atmoko selaku Ka Bid Keluarga Berencana dan Keluarga Sejahtera dan Drs. Mardiya selaku Ka Sub Bid Advokasi Konseling dan Pembinaan KB dan Kesehatan Reproduksi.


Menurut Ka SMK Muhammadiyah Kalibawang Drs. Sapto Harii Nugroho yang didampingi Wakasek Kesiswaan Edi Sugito, S.Ag dan Wakasek Kurikulum Pujiyono, S.Pd, kegiatan penyuluhan dari BPMPDPKB ini merupakan satu bagian dari kegiatan Pesantren Ramadhan yang diselenggarakan sekolahnya. Kegiatan dengan sasaran kelas X, XI dan XII yang berlangsung sejak Kamis (25/7) hingga Rabu (31/7) ini diisi dengan beragam kegiatan keagamaan seperti tadarus Al Qu'ran, pengajian menjelang buka puasa, sholat sesuai sunnah, thoharoh, shalat lail/tarawih, pembahasan kisah teladan nabi, akhlakul kharimah, serba serbi puasa, etika islami, dan sebagainya. Kegiatan ini dilakukan rutin setiap tahun dengan menghadirkan pembicara tidak hanya dari sekolah setempat tetapi juga dari luar seperti Pengurus Cabang Pemuda Muhammadiyah (PCPM), Puskesmas, Polsek, dan lain-lain.


"Beragam kegiatan ini merupakan rangkaian dari kegiatan pembinaan mental dan kepribadian siswa sebelum pembelajaran di SMK Muhammadiyah Kalibawang dalam rangka pencapaian visi sekolah, yakni mewujudkan alumnus yang mandiri, mampu berkompetisi serta berjiwa Islami," kata Sapta Hadi Nugraha.()