Pemkab Serius Tangani Warga Yang Perlu Bantuan

  • 29 Juli 2013 13:02:22
  • 1273 views

Pemkab Kulon Progo sangat serius menangani masalah sosial khususnya terhadap fakir miskin, anak yatim, penyandang cacat, dan terhadap lansia. Berbagai kebijakan dibuat Pemkab untuk mencari sumber-sumber pendanaan dan langsung menyalurkan kepada yang berhak dan yang sangat membutuhkan.

"Komitmen kita sangat besar terhadap masyarakat yang perlu dibantu" Demikian dikatakan Wakil Bupati Kulon Progo Drs.H.Sutedjo, pada acara safari subuh yang dilaksanakan di Dusun Botokan, Jatirejo, Lendah, Senin (29/7).

Drs.Sutedjo juga menyampaikan sangat bersyukur kebijakan pengumpulan Zakat Infak Sodaqoh PNS disambut baik, sehingga selama dua tahun ini dapat terkumpul dana sekitar Rp. 2,5 milyar, dan dapat menyalurkannya kepada masyarakat Kulon Progo yang berhak. "Alhamdulillah jika tahun-tahun sebelumnya zakat hanya terkumpul sekitar 300 juta, tapi dua tahun ini sekitar Rp. 2,5 milyar" tambahnya.

Penyaluran diberikan kepada yang berhak, 8 (delapan) Asnaf menurut aturan dalam Agama Islam. "Begitu dana terkumpul, langsung disalurkan kepada yang berhak" jelas Drs.Sutedjo.

Melalui pentasyarufan, sangat besar manfaatnya, selain dapat membantu masyarakat yang benar-benar memerlukan bantuan, juga dapat mempererat silaturahmi antara Ulama, Umaro dan masyarakat.

Saat ini Pemkab juga terus menambah terobosan baru dalam pentasyarufan dan komunikasi dengan masyarakat. Selain terus melakukan program Bedah Rumah tiap minggu, Safari Tarawih tiap bulan ramadhan, Safari Jumat tiap hari jumat, sekarang dilaksanakan Safari Subuh. Dalam setiap kegiatan tersebut dilakukan penyerahan bantuan baik kepada fakir miskin, anak yatim piatu, warga lanjut usia (Lansia), warga cacat berat/sedang, muallaf dan masyarakat lain sedang ditimpa musibah.

Seperti dalam saat safari subuh di Masjid Al-Anwar Dusun Botokan ini, Wabup menyampaikan bantuan kepada Lansia, warga yang cacat baik berat maupun sedang. Adapun sumber dana dari Bazda, APBD II dan dari Bazcam.

Warga Lanjut Usia an.Atemorejo dkk 10 orang dari beberapa dusun di Jatirejo, masing-masing Rp 320 ribu. 2 orang Cacat Berat an.Yulianita dari Botokan dan Dinas Hastiwi dari Jatirejo masing-masing sebesar Rp 1,5 juta. 1 orang Cacat Sedang an Sudarto dari Botokan sebesar Rp. 1,5 juta dan 2 balita terlantar an.Ara Ainaya dan Aya Angelina keduanya warga Bonosoro sebesar Rp. 1 juta.

"Untuk satu orang an.Sudarto yang tidak bisa hadir karena masih terbaring, bantuan akan diserahkan di rumahnya" kata Agus Darmadi dari Dinas Sosnakertrans.

Tampak hadir dalam kesempatan tersebut Asisten Pemerintah dan Kesejahteraan Rakyat Drs.Riyadi Sunarto yang juga Plt.Ka.Dinas Sosnakertrans., Camat Lendah Drs.Sumiran beserta Sekcam Lendah, Mudopati dari Bagian Kesra dan ratusan masyarakat sekitar.(at.MC)