Galur Selengarakan MTQ Tingkat Kabupaten Kulon Progo 2013

  • 27 Juni 2013 13:50:04
  • 3158 views

Wakil Bupati Kulon Progo Drs. H. Sutedjo Rabu (27/6) membuka Musabaqoh Tilawatil Quran Tingkat Kabupaten Kulon Progo yang diselenggarakan di Komplek Kecamatan Galur. Didampingi Camat Galur Latnyana, S.Ag, M.M dan Kepala Kementrian Agama Kulon Progo Drs. H. Edhi Gunawan, M.Pd.I, Wakil bupati menabuh beduk menandai pembukaan MTQ tahun 2013.
Mengambil tema Dengan MTQ Tingkat Kabupaten Kulon Progo Tahun 2013 Kita Tingkatkan Budaya Gemar Mengaji, hidup Sederhana, Hemat dan Pandai Mensyukuri Nikmat MTQ tahun 2013 ini diikuti 12 kafilah dengan melombakan cabang tilawah, tahfid, MSQ, MFQ dan Khot. Untuk Tilawah melombakan kelompok tartil, anak, remaja dan dewasa. Cabang Tahfid melombakan kelompok 1 juz, 5 juz, 10 juz, 20 juz dan 30 juz. Sementara Cabang khot melombakan kategori naskah, hiasan dan dekorasi.
Menyuplik Surat Al Isra 26-27 Wakil Bupati Kulon Progo mengajak kepada masyarakat Kulon Progo pada umumnya dan peserta MTQ khususnya untuk senantiasa hidup sederhana. "Alquran adalah pedoman hidup mengajarkan manusia hidup sederhana dan hemat, dan mengaji setela magrib dapat mereduksi kecanduan anak-anak kita terhadap pengaruh tayangan televisi yang kurang mendidik," jelas Sutedjo.
Sementara Camat Galur Latnyana, S. Ag, M.M dalam sambutannya mengajak masyarakt kulon progo untuk terus mencintai dan mempelajari, memahami dan menghayati mengamalkan Al Quran. "Dengan menghayati dan mengamalkan Al Quran keimanan kita kepada Alloh Swt akan semakin kokoh dan akan menjadi hamba yang mampu menghadapi tantangan masyarakat yang semakin komplek".
Sebelum pemukaan MTQ oleh Wakil Bupati, di selenggarakan kirap taaruf peserta MTQ yang terdiri dari 12 kalifilah dari Balai Desa Krangan menuju Komplek Kecamatan Galur. Taaruf dengan jarak kurang lebih satu kilometer ini mampu menyedot perhatian masyarakat sekitar dan pengguna jalan.
Pada kesempatan itu juga diselenggarankan Galur Promo bertempat di lapangan depan Kecamatan Galur. Pembukaan Galur Promo dilakukan Wakil Bupati Sutedjo setelah membuka MTQ. Galur Promo selain untuk memeriahkan penyelenggaraan MTQ juga ajang mempromosikan potensi kecamatan Galur untuk menyukseskan dan mewujudkan semangat Bela dan Beli Kulon Progo