Bupati Cita-citakan Tidak Ada Tanki Air Naik Ke Kokap

  • 27 Mei 2013 17:19:17
  • 3700 views

 

Kebutuhan air bersih dalam rumah tangga termasuk salah satu hal yang paling penting, untuk itulah permasalahan rutin yang terjadi setiap musim kemarau tiba solusinya menjadi tidak di tawar-tawar lagi. Hal ini terutama banyak menimpa bahkan hampir merata seluruh warga  wilayah  desa Kalirejo.  Salah satu langkah yang akan ditempuh adalah dengan  memperbaiki instalasi bak air di Clapar desa Hargowilis kemudian mengalirkan air ke Kalirejo melewati desa Hargotirto.

                "Saya ingin melanjutkan program Pak Toyo tentang Tirto Margo Saras, dan di Kokap ini saya punya cita-cita jangan ada tanki air naik ke Kokap, sehingga untuk mengatasi permasalahan air bersih melalui  Satker Pemda DIY nantinya akan membantu Rp.1,8 Milyar, dengan memperbaiki bak air di Clapar desa Hargowilis, kemudian pipanya melewati desa Hargotirto sampai di Kalirejo bahkan nanti juga untuk masyarakat di Hargorejo,"kata Bupati Kulon Progo H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) pada saat kunjungan Bulan Bhakti Gotong Royong di wilayah Kecamatan Kokap, yang bertempat di Kantor Desa Kalirejo, Senin (27/5).

                Turut hadir Ketua DPRD Kulon Progo H.Ponimin Budi Hartono,SE, Ketua Tim penggerak PKK dr.Hj. Dwikisworo Setyowireni,Sp.A(K), serta pimpinan SKPD, Camat Kokap Drs.Agus Subagyo dan Muspika serta Kades se-Kecamatan Kokap.

                Selain permasalahan air, Hasto yang mengunjungi Kelompok Ekonomi Produktif Gula Kristal Organik Gendis Manis di pedukuhan Kalibuko 2, yang saat ini baru menjual dalam bentuk curah, mempunyai cita-cita adanya industri berbasis agro yang nantinya mengemas gula kristal dalam sachet kecil-kecil dan bisa dipasarkan langsung ke hotel-hotel.

                "Potensi Gula Semut sangat luar biasa, namun dijual masih curah sehingga harganya tidak terlalu tinggi, cita-cita saya ada industri berbasis agro, nantinya dikemas dalam sachet kecil-kecil bisa dipasarkan di hotel-hotel, hal ini telah diawali dengan kerjasama Bank Indonesia membangun gudang, yang nantinya ditindaklanjuti dengan program-program pemasaran gula kristal,"kata Hasto.

                Selain meninjau kelompok Gula Kristal, Bupati juga meresmikan dan meninjau berbagai program gotong-royong masyarakat diantaranya ruas jalan corblock jalan Gunung Ijo sepanjang 550 meter yang menghubungan dengan wilayah desa Duren Sari abupaten Purworejo, serta embrio pasar desa Kalirejo di Plampang 3 Kalirejo, kerja bhakti dan pelebaran jalan di Kalibuko 2, meresmikan kantor desa Kalirejo, pembangunan jembatan Papak Sangon dan Tlogolelo  keduanya di desa Hargomulyo, Bedah Rumah bantuan PNPM-MPd Karno Utomo di Papak kalirejo dan Agus Aryanto di Pripih Hargomulyo serta menebarkan bibit gurami kelompok Mina Mandiri di Kadigunung Hargomulyo.  

                Dalam kesempatan itu Hasto juga menyerahkan berbagai bantuan diantaranya bantuan Semen yang diterima masing-masing Kades.

                  Sementara Camat Kokap Drs.Agus Subagyo mengatakan pada awal 2013 masyarakat telah melaksanakan pembangunan sarana prasarana seperti jalan, jembatan, gedung PAUD baik dari anggaran pemerintah atau swadaya masyarakat sebagai bentuk partisipasi, sedangkan swadaya masyarakat tahun 2013 mencapai Rp.10.365.243.000,-.

                "Bedah rumah sudah dilaksanakan tahun 2013 ini 2 rumah, sedang dilakukan 16 rumah, 4 dari Bank BPD DIY, 12 dari surplus UPK PNPM dan BAZCAM,"terang Agus.

                Sedangkan berbagai prestasi yang diraih kecamatan Kokap diantaranya juara I kabupaten UPPKS Menur Selo Barat desa Hargorejo, Lomba Kalpataru Propinsi, Poniman sebagai pengabdi lingkungan kelompok Tani Ontorejo di Soropati Hargotirto, Lomba ternak Kambing PE tingkat propinsi kelompok Mantep Makaryo pedukuhan Soroptai, Hargotirto, Juara I Kabupaten Lomba Gejok Lesung group Ngudi Lestari Tangkisan I Hargomulyo, Lomba baris berbaris (TONTI) SMP Propinsi selama 7 kali berturut-turut diraih SMPN 1 Kokap.(mc)