KPU Kulon Progo Lantik 60 Anggota PPK

  • 30 Maret 2013 14:59:10
  • 2518 views

 

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Kulonprogo melantik dan mengambil sumpah 60 anggota Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) yang masing-masing adalah 5 anggota PPK setiap kecamatan dari 12 Kecamatan yang ada di kabupaten Kulonprogo di Gedung Binangun Lantai II Pemkab setempat, Sabtu (30/3). Pelantikan dan pengambilan sumpah dilakukan oleh Ketua KPU Kulonprogo Siti Ghoniyatun,SH, yang dilanjutkan dengan Bimbingan Teknis (Bimtek) dari KPU kepada semua anggota PPK.

            Acara dihadiri Wakil Bupati Kulonprogo Drs.H.Sutedjo, Forkorpimda, Wakil Ketua DPRD Drs.Sudarto, KPU DIY, semua anggota KPU Kulonprogo, Panwaslu Kabupaten, beberapa pimpinan SKPD dan Camat.

Ketua KPU Kabupaten Kulonprogo Siti Ghoniyatun mengatakan untuk mendukung pelaksanaan Pemilu DPR, DPD dan DPRD 2014 di Kabupaten Kulonprogo yang demokratis diperlukan personil yang memahami tentang peraturan pemilu, sehingga penyelenggaraan pemilu dapat profesional.

             "PPK diharapkan melayani dengan sebaik-baiknya, menjaga melindungi suara pemilih, serta menjamin pemilu berlangsung jujur dan adil, sehingga mendukung terwujudnya Pemilu 2014 yang berkualitas, dengan hasil akhir sesuai dengan peraturan perundangan yang berlaku,"kata Siti Ghoniyautn.

            Sementara itu, Wakil Bupati Kulonprogo Drs.H.Sutedjo menyampaikan selamat kepada semua anggota PPK yang baru saja dilantik karena merupakan yang  terbaik dan memenuhi persyaratan, di antara orang-orang yang mendaftarkan menjadi Calon Anggota PPK. Hal ini hendaknya dapat disyukuri, karena  mendapatkan kesempatan dan kehormatan dari negara untuk ikut serta berperan aktif dalam pelaksanaan pesta demokrasi, yang akan menentukan nasib bangsa dan negara lima tahun kedepan.

            "Namun demikian tanggung jawab dan tugas yang Saudara-saudara emban tentunya tidaklah ringan. Selaku Anggota PPK memiliki banyak tugas dan wewenang, untuk membantu KPU baik di kabupaten, propinsi maupun pusat, dengan harapan pelaksanaan Pemilu 2014 dapat terselenggara dengan baik dan sukses,"kata Sutedjo.

            Sutedjo menambahkan, bila kita ikuti informasi yang berkembang,  pasca ditetapkannya Partai Politik Peserta Pemilu Tahun 2014 beberapa waktu yang lalu oleh KPU, ternyata ada perkembangan yang pantas kita ikuti terus menerus. Sehingga peserta Pemilu Tahun 2014 secara nasional ada sebanyak 12 Partai Politik dengan nomor yang tidak bisa secara terus berurutan.

            "Untuk itu saya berharap agar dalam melaksanakan sosialisasi kepada masyarakat dengan penjelasan yang sedetil mungkin, sehingga bagi calon pemilih dapat memperoleh informasi secara gamblang. Sehingga masyarakat yang telah memiliki hak pilih dapat menggunakan haknya dengan baik dan benar, secara langsung, umum, bebas dan rahasia,"katanya.(MC)