Bupati Tinjau dan Resmikan Program –program Padat Karya

  • 27 Februari 2013 15:57:37
  • 5487 views

Bupati Kulonprogo,dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) melakukan peninjauan serta meresmikan beberapa program kegiatan padat karya tahun 2012, yang tersebar di beberapa wilayah di Kabupaten Kulonprogo, Rabu (27/2). Turut mendampingi Bupati Kulonprogo, Kadinas Sosial Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Sosnakertrans) Kulonpogo Drs.Riyadi Sunarto, Kadinas Kelautan, Perikanan dan Peternakan (Kepenak) drh.RR.Endang Purwaningrum Titi Lestari, perwakilan Dinas PU dan Bagian Pembangunan Setda.

Beberapa kegiatan yang ditinjau dan diresmikan tersebut adalah pembuatan jalan baru dan jembatan di pedukuhan Kebonromo desa Giripurwo, Kecamatan Girimulyo sepanjang 1.200 meter lebar 5 meter. Usai meresmikan jalan padat karya yang menghubungkan Kebonromo timur dengan Kebonromo barat ini, untuk menuju lokasi peresmian pembangunan jembatan Bupati harus mbonceng sepeda motor karena belum layak untuk dilalui kendaraan roda empat.

Setelah itu melakukan peninjauan program padat karya pembangunan bangket jalan dan irigasi di Bulak Temanggal dan Tegalsari di desa Wijimulyo Kecamatan Nanggulan dengan panjang 670 meter dan 265 meter.

Sedangkan di lokasi ketiga yang dikunjungi adalah kelompok pengolahan ikan Bangun Raos di pedukuhan Ploso desa Banguncipto Kecamatan Sentolo yang memperoleh bantuan peralatan pengolah ikan. Kelompok sekaligus satu lokasi dengan Kelompok Budidaya Ikan (Pokdakan) Bangun Mina Manunggal yang sekaligus lokasi pemancingan ini memperoleh bantuan pengolahan ikan sejumlah 42 jenis untuk mengolah hasil perikanan seperti Lele, Bawal, Nila, Tombro menjadi olahan berbentuk criping, abon dan makanan ringan. Bahkan Bupati sempat melihat dari dekat beberapa peralatan pengolahan ikan menjadi abon, buntil lele dan bobor  kepala ikan Lele.

Sementara di Kecamatan Kokap bertempat di pedukuhan Pucanggading, Bupati  meresmikan Jembatan dan jalan cor block. Di pedukuhan ini meski hanya memperoleh bantuan stimulan melalui progranm padat karya sebesar Rp.80 juta, namun warga mampu berswadaya besar karena mampu sekaligus membangun jembatan senilai Rp.200 juta.

Tokoh masyarakat setempat Sukaryono kepada Bupati menjelaskan pembangunan corblock jalan sepanjang 400 meter  dengan bantuan dari dana padat karya Rp.80 juta serta  jembatan yang masih satu ruas jalan menghubungkan pedukuhan Pucanggading RW.11 dengan masyarakat   pedukuhan Kadigunung dan pedukuhan Tangkisan 3 yang aksesnya langsung ke kota kecamatan Kokap. Sebelum adanya pembangunan  ini warga apabila menuju di pedukuhan sebelah harus memutar melewati jalan besar Pasar Pripih sekitar 2 km.  Di titik terakhir Bupati meninjau pengolahan serbaguna kelapa menjadi Kopra di kelompok Widodo Mulyo pedukuhan  Ngaseman desa Hargorejo Kecamatan Kokap.

Pada setiap lokasi yang dikunjungi Bupati Kulonprogo dr.H.Hasto Wardoyo,Sp.OG(K) merasa senang  dengan antusias masyarakat untuk memanfaatkan serta mampu berswadaya dalam mendukung program-program pembangunan yang dilakukan oleh Pemkab Kulonprogo. Dengan beberapa sarana yang telah dibantu kedepan dapat mendorong untuk hidup lebih baik lagi, sehingga warga masyarakat semakin sejahtera.(Mc)